Comscore Tracker

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal Mendunia

Disukai pelancong dan artis-artis luar negeri

Masakan yang sangat mudah dibeli bahkan bikin sendiri. Bahannya pun juga tak ribet, nasi goreng adalah makanan kesukaan banyak orang. Tak hanya orang Indonesia, nasi goreng disukai oleh para pendatang dari luar negeri. 

Dengan rempah dan bumbu Indonesia yang enak, nasi goreng bisa eksis di dunia. Biasanya makanan ini berisi daging, telur, dan sayur tapi semua ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Warna dari nasi goreng yang dimasak dengan kecap akan berwarna cokelat, namun ada juga yang tak memakai kecap. 

Sudahkah kamu tahu fakta-faktanya? Inilah 5 fakta menarik dari nasi goreng Indonesia yang sering kamu makan. 

1. Awal mula dari Tiongkok

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal MenduniaKumparan.com

Bukan Indonesia, ternyata asal mula terciptanya nasi goreng dari Tiongkok. Karena kebiasaan masyarakat Tiongkok zaman dulu yang kurang suka makan nasi putih sisa, akhirnya mereka memasak nasi tersebut dengan berbagai bahan lainnya, hingga tercipta piring yang lezat. Nasi goreng di sana disebut "Yang Chow". 

Baca Juga: Resep Membuat Sate Bulayak Khas Lombok

2. Sudah ada sejak 4000 SM

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal MenduniaKompas.com/SilvitaAgmasari

Wah, bersejarah banget! Nasi goreng sudah ada sebelum kita semua lahir yaitu tahun 4000 SM. Berkat para pedagang Tiongkok, nasi goreng bisa tersebar ke banyak negara dan menghasilkan nasi goreng versi negara masing-masing. 

3. Punya nama berbeda-beda di setiap negara

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal MenduniaMakanabis.com

Seperti fakta diatas bahwa nasi goreng tersebar ke seluruh dunia, negara-negara memiliki nasi goreng versinya dengan nama sendiri. Rasa dan cara masak yang berbeda juga membuat hal ini menjadi sesuatu yang unik. Dua contoh nasi goreng di luar negeri ada omu rice (Jepang), kimchi bokkeumbab (Korea), dan paella (Spanyol). Multikultur banget!

4. Terdapat jumlah kalori yang banyak

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal MenduniaMakanabis.com

Untuk kamu yang lagi diet, nasi goreng sebaiknya dihindari untuk sementara karena mengandung kalori yang lumayan besar. Nasi putih yang dari awal memang kalorinya sudah banyak, ditambah mentega atau minyak untuk memasaknya, serta isi dari makanan ini seperti daging-daging. 

5. Jenis nasi goreng Indonesia ada belasan

Favorit Sejuta Umat, 5 Fakta Nasi Goreng yang Terkenal MenduniaAsianinspirations.com.au

Satu nama tapi banyak jenis, itulah Indonesia yang memiliki banyak macam kulinernya. Nasi goreng biasa dimodifikasi dan terciptalah belasan varian. Beberapa pilihan yang ada yaitu nasi goreng Jawa, nasi goreng gila, nasi goreng mawut, nasi goreng sunda, nasi goreng ikan asin, dll. 

Siapa yang suka nasi goreng, nih? Walau bukan asal dari Indonesia, tapi makanan ini bisa diakui dan dikenal dengan cara masak Indonesia ke seluruh dunia. Gak ada lawan, deh!

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Wisatawan Gak Mau Pulang dari Lombok

agatha dominique Photo Community Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya