Comscore Tracker

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang Tenggorokan

Teksturnya lembut dan bikin enak di tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan keluhan yang umum diderita oleh banyak orang. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan tidak hanya membuat para penderitanya merasa tidak nyaman tetapi terkadang juga membuat mereka kesulitan untuk menelan makanan. Sedangkan, tubuh kita memerlukan banyak asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk membantu proses pemulihan.

Oleh karena itu, memilih jenis makanan yang tepat untuk mengurangi nyeri pada tenggorokan sangat dibutuhkan bagi penderita radang tenggorokan agar kondisi mereka tidak semakin parah dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk proses penyembuhan dapat terpenuhi dengan baik. Berikut ini 10 makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita radang tenggorokan.

1. Madu dan Lemon

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang Tenggorokanilustrasi madu dan lemon (pexels.com/Victoria Emerson)

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengatasi radang tenggorokan karena madu memiliki sifat anti mikroba yang efektif untuk melawan bakteri dan virus penyebab radang.

Kamu bisa mengkonsumsi madu bersama teh hangat dengan tambahan perasan lemon yang kaya akan kandungan vitamin C untuk membantu meningkatkan kerja sistem imun tubuhmu serta menghilangkan rasa tidak nyaman di tenggorokanmu.

2. Pisang

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang Tenggorokanilustrasi pisang (unsplash.com/Anastasia Eremina)

Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan adalah pisang. Dilansir dari K Health, buah pisang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalium, vitamin B6 serta vitamin C yang baik untuk tubuh dan dipercaya dapat bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan.

Selain itu, tekstur pisang yang cukup lembut dan mudah ditelan dapat menjadi pilihan alternatif makanan yang tepat untuk dikonsumsi para penderita radang tenggorokan yang kesulitan untuk menelan makanan supaya nutrisi yang diperlukan tubuh tetap dapat terpenuhi dengan baik. 

3. Sup Ayam

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi sup ayam (pexels.com/HM Grand Central Hotel)

Sup ayam pada umumnya memang dikenal sebagai makanan yang baik untuk dikonsumsi saat mengalami flu atau radang tenggorokan. Sup yang disajikan hangat dan cenderung mudah untuk ditelan membuatnya menjadi makanan yang enak dan aman untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan yang kerap muncul pada penderita radang tenggorokan.

Selain itu, bahan-bahan yang terdapat di dalam sup ayam juga dikenal mampu membantu pergerakan sel darah putih untuk dapat melawan infeksi virus penyebab radang tenggorokan serta membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan bakteri berbahaya.

4. Yoghurt

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi yoghurt (pexels.com/Nichola Barts)

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk meredakan radang tenggorokan adalah yoghurt. Dilansir dari Women Health, yoghurt mengandung karbohidrat, protein, serta zat bakteri probiotik yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Rasanya yang enak serta teksturnya yang lembut dan mudah ditelan membuatnya menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi untuk para penderita radang tenggorokan supaya rasa nyeri dan tidak nyaman di tenggorokan tidak semakin parah. 

5. Telur

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi telur ayam (unsplash.com/Coffeefy Workafe)

Telur merupakan makanan yang umum dikonsumsi banyak orang. Selain rasanya yang enak, telur juga ternyata dapat membantu untuk meredakan sakit radang tenggorokan. Dilansir dari Medical News Today, telur mengandung banyak protein baik yang dibutuhkan tubuh untuk membantu perbaikan jaringan.

Selain itu, di dalam telur juga terkandung banyak zat yang baik untuk kesehatan seperti mineral, zat besi, zink serta vitamin D dan B12 yang dapat membantu memenuhi nutrisi di dalam tubuh untuk melawan virus. Kamu bisa mengolahnya menjadi scrambled eggs yang memiliki tekstur lembut sehingga mudah untuk ditelan.

6. Jahe

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi jahe (unsplash.com/sentot setyasiswanto)

Jahe merupakan tanaman herbal yang kaya akan sejuta manfaat serta baik untuk dikonsumsi oleh para penderita radang tenggorokan. Jahe memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara diseduh dengan air panas atau mencampurkannya ke dalam teh guna membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang timbul akibat radang tenggorokan sehingga tenggorokanmu akan terasa lebih baik.

7. Oatmeal

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi oatmeal (unsplash.com/Melissa Belanger)

Oatmeal merupakan pilihan makanan sehat yang cocok untuk dimakan bagi penderita radang tenggorokan. Hal ini karena tekstur oatmeal yang lembut dan mudah ditelan sehinga tidak memperparah radang dan nyeri pada tenggorokan.

Tidak hanya itu, oatmeal juga kaya akan kandungan zat yang baik bagi tubuh seperti zat anti-oksidan dan zat besi yang dapat membantu untuk menghilangkan racun dan bakteri berbahaya penyebab infeksi dalam tubuh sehingga dapat membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat.

8. Kunyit

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi kunyit (pexels.com/Karl Solano)

Kunyit merupakan rempah yang dipercaya mampu untuk membantu mengatasi radang tenggorokan karena kunyit memiliki sifat anti oksidan dan sifat anti inflamasi yang dapat membantu dan mempercepat proses penyembuhan bagi penderita radang tenggorokan.

Di samping itu, kunyit juga dapat berfungsi untuk meningkatkan imunitas dan mampu untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh serta ampuh untuk melawan berbagai jenis penyakit. Kamu bisa mengolah kunyit dengan mencampurkannya ke dalam teh atau mengkonsumsinya menjadi minuman seperti jamu.

9. Teh Chamomile

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi teh chamomile (pexels.com/Djordje Vezilic)

Teh chamomile merupakan jenis teh herbal yang terbuat dari kelopak bunga chamomile dan sejak lama telah dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal yang efektif untuk berbagai penyakit. Hal ini karena teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk meredakan pembekakan dan iritasi pada tenggorokan serta sifat anti oksidan yang bermanfaat untuk kesehatan

Selain itu, teh chamomile juga baik dikonsumsi untuk mengurangi gejala lain yang kerap muncul bersama radang tenggorokan yaitu pilek. Di samping itu, teh chamomile juga dapat berfungsi untuk merangsang kerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyebab sakit pada tenggorokan. 

10. Sayuran

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Radang TenggorokanIlustrasi sayuran (Unsplash.com/Sharon Chen)

Sayuran merupakan makanan bergizi tinggi yang sangat penting untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam sayuran juga ternyata dapat membantu mempercepat proses pemulihan radang tenggorokan yang kamu alami.

Namun, kamu harus memperhatikan bagaimana cara mengolahnya karena sayuran yang dimasak dengan menggunakan minyak malah justru tidak baik untuk kesehatan tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengolahnya dengan cara direbus atau dimasak dalam bentuk kuah sehingga teksturnya menjadi lebih lembut dan aman untuk tenggorokanmu.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan. Teksturnya yang lembut dan mudah ditelan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat kamu merasakan rasa tidak nyaman di tenggorokan yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Selain itu, makanan di atas juga kaya akan nutrisi serta gizi yang baik untuk tubuh sehingga dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Namun, jika ternyata keluhan di tenggorokanmu semakin lama memburuk, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Villa Murah di Lombok

Zulfa Azza Ardhini Photo Community Writer Zulfa Azza Ardhini

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya