Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat 

Mampukah Emery bersama Villarreal menjadi Juara UCL?

Unai Emery membangun reputasinya di La Liga dan Ligue 1 sebelum pindah untuk bergabung dengan Arsenal. Tim yang dia tinggalkan enam bulan setelah membimbing mereka ke final Liga Europa. Dia kemudian kembali ke Spanyol bersama Villarreal. Seorang manajer yang terbiasa membangun tim dengan anggaran terbatas.

Tahun Lalu, Emery menunjukan kualitasnya dengan membawa Villarreal Sang Kapal Selam ke permukaan sebagai Juara Europa League 2021. Villarreal berhasil mengandaskan Manchester United yang ditukangi Ole Gunnar Solkjaer di partai final, Kamis (27/05/2021 ).

Atas hasil tersebut Villarreal berhak untuk tampil di Champions League. Piala itu menambah torehan pribadi pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut. Total sudah 4 piala Liga Europa sudah dikantongi menjadikannya Raja Kasta Kedua Eropa.

Sebagai tim yang kurang diunggulkan, Emery bersama Villarreal justru memberikan kejutan pada Champions League. Pada laga 16 besar gelaran Champions League,  Villarreal yang saat itu tidak diunggulkan justru berhasil membantai Raksasa Italia, Juventus, Kamis (17/03/2022). Namanya pun semakin ramai diperbincangkan oleh publik sepak bola usai menumbangkan langganan juara Bundelsliga, Bayern Munchen pada gelaran perempat final Champions League, Rabu (13/04/2022).

Lalu bagaimana gaya permainan Unai Emery?

1. Formasi

Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat potret Formasi 4-1-4-1 (themastermindsite.com)

Unai Emery bereksperimen dengan sejumlah formasi berbeda sejauh ini di masa kepemimpinannya di Villarreal. Formasi 4-1-4-1 telah menjadi yang paling umum digunakan oleh manajer, tetapi dia juga beralih ke formasi 4-3-3, 4-4-1-1 dan bahkan kadang-kadang menggunakan 4-4-2.

Formasi 4-1-4-1 ini pun terbilang unik. Pasalnya, jarang sekali pelatih yang menggunakan formasi tersebut. Formasi ini memang terbilang mirip dengan 5-4-1. Keunggulan formasi ini adalah menciptakan stabilitas pertahanan. Peran gelandang bertahan yang dipegang oleh Iborra menjadi pembeda dengan formasi 5-4-1.

Iborra bertugas menghalau serangan sebelum masuk ke area pertahanan dan menyuplai bola ke Parejo dan Trigueros. Jika bola masuk ke area pertahanan sering kali Pau Torres memberikan umpan jauh langsung ke Parejo.

Baca Juga: Perantau Asal Pelembang di Lombok ini Akhirnya Bisa Mudik Lebaran

2. Fase Build Up dan Menyerang

Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat potret Selebrasi Gol Villarreal (villarrealcf.es)

Unai Emery selalu memiliki pola untuk bermain dari belakang. Ibora turun ke belekang bertukuan untuk mendorong Full back maju dan membentuk 3-4-3. Parejo dan Trigueros berperan penting untuk mengatur kreativitas serangan.

Statistik menunjukan kedua pemain tersebut merupakan yang paling sering memegang bola. Ketika Parejo atau Trigueros memegang bola Moreno dan Gomez bersiap untuk masuk ke area pertahanan lawan dan Gaspar mengisi posisi Moreno, selain itu Parejo kadang kadang bergeser ke posisi Gomez sehingga tetap membentuk 3-4-3.

Formasi ini memberikan Villarreal beberapa keuntungan unik. Pertama dan terpenting, itu mendorong fullback lebih tinggi, memungkinkan pemain sayap masuk ke dalam. Saat Moi Gomez mendapatkan akarnya sebagai gelandang serang dan Gerard Moreno sebagai penyerang tengah, keduanya memiliki kecenderungan alami untuk hanyut ke dalam.

Pendekatan ini memungkinkan kedua pemain melakukannya dengan mulus, sambil membebani area lini tengah bersama dua gelandang tengah di belakang. Ini membantu dalam mencapai keunggulan numerik dalam membangun, dan vertikalitas mereka dalam transisi menyerang, membuat Moreno dan Gomez menguasai bola di area tengah.

3. Peran Gelandang Dalam Membantu Pertahanan

Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat potret Gelandang Villarreal (villarrealcf.es)

Stabilitas pertahanan Villarreal sebagian besar muncul dari bentuk 4-1-4-1, di mana mereka terlibat dalam blok tengah, bergeser dan meluncur dengan permainan daripada menekan dengan keras dari depan.

Dengan tiga gelandang tengah Villarreal yang sering berhadapan dengan dua dari lawan mereka.Jika lawan kemudian ingin mencoba dan melewati segitiga lini tengah Villarreal, mereka sering dipaksa untuk melakukan operan yang lebih panjang atau area yang lebar, lebih dekat ke garis sentuh.

Dani Parejo dan Manu Trigueros adalah pemenang bola paling sering untuk Villarreal, dan di Francis Coquelin mereka memiliki pemain lain yang dapat melakukan pekerjaan yang sama persis saat dibutuhkan.

Blok tengah dengan 3 gelandang tengah telah menjadi tempat Emery mencapai banyak kesuksesannya dan stabilitas pertahanan yang paling signifikan, kebobolan 3 gol dalam 5 pertandingan liga saat beroperasi dalam 4-1-4-1 atau 4-3 -3. Sebagai perbandingan, mereka kebobolan 6 gol dalam 4 pertandingan dalam 4-4-2 atau 4-4-1-1 saat menjauh dari keunggulan lini tengah itu.

4. Perubahan Posisi Moreno

Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat potret Gerrard Moreno (thttps://twitter.com/IntChampionsCup)

Moreno yang biasanya menjadi penyerang tengah mendapat peran berbeda pada taktik Emery. Moreno diberikan ruang untuk dribble bola di sisi kanan. Namun peran tersebut sepertinya cukup berat untuk Moreno. Dia memiliki jumlah sentuhan gagal terbanyak kelima per game di liga (3.3), hampir dua kali lipat dari pemain tertinggi berikutnya di tim mereka.

Sejauh ini keterbatasan tersebut tidak menjadi masalah. Moreno bersama Alcacer masih mencatatkan hasil positif di depan gawang dan mereka telah mencetak 9 dari 13 gol untuk Villarreal.

Kurangnya pencipta peluang nyata seperti yang dimiliki Real Sociedad dalam diri David Silva atau Atletico di Angel Correa. Villarreal mungkin kesulitan untuk mencetak banyak gol dan secara efektif melewati waktu ke area depan, menghindari offside dalam prosesnya. Perubahan posisi Moreno diharapkan untuk menutup kekurangan tersebut.

5. Mental Juara

Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat potret Squad Villarreal Angkat Piala UEFA Europa League (villarrealcf.es)

Villarreal menjadi juara Liga Europa musim lalu. Suatu pencapaian yang luar biasa didapatkan oleh Squad Kapal Selam. Ambisi Emery membawa Villarreal melangkah lebih jauh pada ajang Liga Champions Eropa dan menjadi kuda hitam.

Villarreal patut diperhitungkan musim ini di bawah asuhan Unai Emery. Mereka telah melanjutkan tren positif dan unggul di area tengah selama fase build-up dan permainan defensif, sambil tetap lancar secara taktis selama banyak perubahan formasi. Sistem 4-1-4-1 Emery telah menjadi favorit untuk musim ini.

Mampukah squad dengan mental Juara Villarreal membawa Emery naik kasta dengan menjuari Liga Champions ? Sangat layak untuk kita nantikan.

Baca Juga: Hindari Truk, Pengendara Motor di Lombok Hilang Kendali hingga Tewas

Rahmat Sayfuddin Photo Community Writer Rahmat Sayfuddin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya