5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup Usia

Raiola meninggal di usia 54 tahun

Kabar duka terjadi di dunia sepak bola. Salah satu agen sepak bola terbaik saat ini, Mino Raiola, telah meninggal dunia. Sebelumnya, Raiola dikabarkan harus masuk ICU pada Januari lalu karena penyakit paru-paru.

Raiola dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (28/04/2022). Selama berkarier sebagai agen sepak bola, banyak sekali hal-hal menarik yang  terjadi. Berikut lima fakta menarik Mino Raiola yang wajib kamu tahu. 

1. Sempat mengikuti akademi sepak bola sebelum jadi kepala tim akademi di usia 18 tahun

5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup UsiaMendiang Mino Raiola (thepersonage.com)

Mino Raiola lahir pada 1967 di Salerno, Italia. Pada 1968, orang tuanya membawa Raiola ke Belanda karena ayahnya memiliki bisnis di sana. Dalam hal pendidikan, Raiola mengambil jurusan hukum selama dua tahun. 

Raiola juga diketahui telah mengikuti akademi HFC Haarlem saat masih remaja. Sayangnya, dia memutuskan untuk tak melanjutkan akademi sepak bolanya pada 1987. Walau begitu, alasan mengapa Raiola berhenti di akademi HFC Harlem adalah karena dia lebih memilih menjadi kepala tim akademi sejak usianya baru 18 tahun. 

Baca Juga: Keren! Para Pembalap Motocross Dunia Akan Jajal Sirkuit di Lombok

2. Awal karier sebagai agen sepak bola

5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup UsiaZlatan Ibrahimovic bersama Mino Raiola (sempremilan.com)

Tak memiliki karier yang cemerlang sebagai pesepak bola, Raiola mencoba mengambil peruntungan di dunia agen pemain. Dia mengawali karier untuk perusahaan agen pemain yang bernama  Sports Promotions. Kala itu, dia lebih sering membantu proses transfer para pemain Belanda untuk menuju Italia. 

Beberapa tahun kemudian, Raniola meninggalkan perusahaan tersebut dan mulai membangun bisnisnya sendiri. Namanya mulai terkenal saat dirinya berhasil mendatangkan Pavel Nedvěd dari Sparta Prague menuju Lazio. 

3. Paul Pogba jadi pemain termahal yang pernah Raniola jual

5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup UsiaPaul Pogba bersama Prancis (manunitedcore.com)

Mino Raiola dikenal sebagai agen yang tak mudah jika diajak bernegosiasi. Tak heran jika beberapa klub berani memberikan tawaran menggiurkan agar dapat mendapatkan persetujuan Raniola. 

Transfer Paul Pogba menjadi pemain termahal yang pernah Raniola jual. Kala itu, Manchester United membeli Pogba dari Juventus pada pertengahan 2016 dengan harga 105 juta euro. Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp1,59 triliun. 

Baca Juga: Unik! Tradisi Ngejot di Lombok, Cara Masyarakat Perkuat Silaturahmi

4. Erling Haaland bisa jadi penjualan terakhir Mino Raiola

5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup UsiaErling Haaland bersama Borussia Dortmund (thesportsgrail.com)

Erling Haaland merupakan pemain termahal yang dimiliki mendiang Mino Raiola saat ini. Pada pekan lalu, Haaland dikabarkan telah mencapai kesepakatan personal dengan Manchester City. Hal tersebut pastinya dengan sepengetahuan perusahaan Raiola. 

Walau penjualan Haaland dari Borussia Dortmund ke Manchester City belum resmi, kemungkinan besar transfer tersebut hanya menghitung waktu. Jika benar Haaland ke Manchester City, pemain asal Norwegia itu mungkin menjadi penjualan terakhir Mino Raniola sebelum akhirnya meninggal dunia. 

5. Raniola tutup usia di usia yang ke-54

5 Fakta Menarik Mino Raiola Sebelum Tutup Usiamendiang Mino Raiola (dutchsoccersite.org)

Sebelumnya, Mino Raiola mendapatkan perawatan intensif pada awal tahun 2022 terkait penyakit paru-paru yang dideritanya. . Kala itu, Raiola dikabarkan mengalami kondisi kesehatan yang buruk dan bahkan sempat kritis.

Sejak Januari 2022 lalu, Mino Raiola mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit San Raffaele di Milano, Italia. Sempat mengunggah cuitan di Twitter pada Rabu (27/04/2022) untuk menepis kabar meninggal yang ditujukan kepadanya, Raniola benar-benar dinyatakan meninggal pada Kamis (28/04/2022). 

Mino Raniola merupakan salah satu agen sepak bola terbaik saat ini. Selamat jalan, Raniola dan semoga tenang di alam sana.

Baca Juga: Menikmati Keasrian Desa Wisata Sembalun di Lombok Timur

Anoraga Ilafi Photo Community Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kalyana Dhisty
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya