6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyak

Pelatih favoritmu ada gak ya?

Liga Champions merupakan kompetisi antarklub tertinggi dan paling bergengsi di Benua Eropa. Klub-klub terbaik di benua biru berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar yang satu ini.

Liga Champions bukan hanya sebagai ajang pembuktian bagi pemain tetapi juga sebagai ajang pembuktian bagi para pelatih. Beberapa pelatih telah berhasil mengoleksi dua gelar Liga Champions bahkan lebih. Penasaran siapa pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Sir Alex Ferguson

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Sir Alex Ferguson (instagram.com/manchesterunited)

Sir Alex Ferguson dikenal sebagai pelatih legendaris bagi Manchester United. Dirinya telah menukangi setan merah selama 26 tahun dan berhasil membawa Manchester United menjuarai berbagai ajang termasuk Liga Champions.

Sir Alex mampu mengantarkan Manchester United juara Liga Champons sebanyak dua kali. Gelar pertama didapatkan pada musim 1998/1999 dengan mengalahkan Bayern Muenchen di partai puncak. Sedangkan gelar kedua didapatkan pada musim 2007/2008 setelah mengalahkan Chelsea lewat babak adu penalti.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima Diduga Fenomena Sea Snot Akibat Pemanasan Global

2. Jupp Heynckes

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Jupp Heynckes (instagram.com/fcbayern)

Jupp Heynckes merupakan pelatih berpengalaman yang telah melatih berbagai klub di liga top Eropa. Mantan pemain Timnas Jerman Barat ini telah melatih beberapa klub besar seperti Schalke 04, Bayern Muenchen, dan Real Madrid.

Jupp Heynckes berhasil meraih dua gelar Liga Champions bersama dua klub berbeda yakni Real Madrid dan Bayern Muenchen. Gelar Liga Champions pertamanya didapatkan pada tahun 1998 ketika dirinya melatih Real Madrid.

Saat itu Real Madrid berhasil mengalahkan Juventus pada partai final dengan skor 1-0. Sedangkan gelar Liga Champions keduanya diraih saat ia melatih Bayern Muenchen pada tahun 2013. Gelar tersebut sekaligus menjadikan Bayern Muenchen meraih treble winner pada musim itu.

3. Jose Mourinho

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Jose Mourinho (instagram.com/josemourinho)

Jose Mourinho merupakan pelatih asal Portugal yang dijuluki sebagai The Special One. Hal tersebut tidak lepas dari keberhasilannya mengantarkan FC Porto menjadi juara Liga Champions 2003/2004. Saat itu Porto berhasil menaklukkan AS Monaco dengan skor 3-0 pada partai puncak yang berlangsung di Arena AufSchalke.

Mourinho kembali mengulangi kesuksesannya saat berhasil mengantarkan Inter Milan menjadi juara Liga Champions pada musim 2009/2010. Pada musim itu Mourinho juga berhasil mempersembahkan gelar Serie A serta Coppa Italia.

4. Pep Guardiola

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Pep Guardiola (instagram.com/pepteam)

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih bertangan dingin karena kepiawaiannya dalam melatih sebuah tim. Dirinya selalu dapat mempersembahkan trofi bagi setiap tim yang ia latih.

Pep berhasil mengoleksi dua gelar Liga Champions saat ia masih melatih Bercelona. Gelar tersebut ia dapatkan pada musim 2008/2009 dan 2010/2011. Pep berpeluang menambah gelar Liga Champions musim ini setelah ia mampu mengantarkan Manchester City lolos ke babak semifinal.

Baca Juga: Limbah di Teluk Bima, Pertamina: Terminal BBM Bima Tidak Ada Masalah

5. Carlo Ancelotti

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Carlo Anceloti (instagram.com/mrancelotti)

Carlo Anceloti merupakan pelatih asal Italia yang telah melatih banyak klub di liga top Eropa. Pelatih berusia 62 tahun ini telah mengoleksi 3 trofi Liga Champions dari dua klub berbeda, yakni AC Milan dan Real Madrid.

Dua gelar Liga Champions pertamanya ia dapat saat melatih AC Milan pada musim 2002/2003 dan 2006/2007. Sedangkan gelar Liga Champios terakhirnya ia dapatkan saat melatih Real Madrid pada musim 2013/2014. Ancelotti berpeluang menambah koleksi gelar Liga Champions setelah Real Madrid mampu melaju hingga babak semifinal Liga Champions musim ini.

6. Zinedine Zidane

6 Pelatih Top dengan Gelar Juara Liga Champions Terbanyakpotret Zinedine Zidane (instagram.com/zidane)

Meskipun pengalamannya dalam melatih sebuah tim belum sebanyak pelatih-pelatih sebelumnya, Zinedine Zidane mampu mengoleksi 3 trofi Liga Champions. Ketiga trofi tersebut ia dapatkan saat melatih Real Madrid.

Hebatnya lagi, Zidane mampu mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions dalam 3 musim berturut-turut mulai dari tahun 2016 hingga 2018. Selain itu, Zidane meraih gelar Liga Champions pada musim pertamanya sebagai seorang pelatih.

Pelatih menjadi salah satu faktor penting sebuah tim dalam memenangkan sebuah pertandingan. Pelatih-pelatih di atas telah membuktikan kemampuannya dalam meramu sebuah tim. Siapa nih yang jadi pelatih favorit kalian?

Baca Juga: Polisi Olah TKP Fenomena Limbah Warna Cokelat di Teluk Bima 

Aditya Gilang Permana Photo Community Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya