Comscore Tracker

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan Pensiun

Mayoritas masih berkutat dengan dunia basket

Mataram, IDN Times - Para pemain NBA mempersiapkan sebagian besar hidup mereka untuk menjadi pemain basket profesional. Mereka terus berlatih hari demi hari agar menjadi pemain yang hebat dan membuat pengorbanan yang besar untuk bisa bermain di NBA. Kegiatan tersebut terus dilakukan sampai mereka pensiun dari dunia yang membesarkan nama mereka.

Pasti akan terasa sulit ketika terbiasa menghabiskan seluruh kegiatan untuk berlatih tiba-tiba harus berganti profesi ketika pensiun. Hal tersebut harus dilakukan oleh mantan pemain NBA untuk mencari cara menghasilkan uang di saat mereka sudah bukan lagi menjadi pemain profesional. 

Nah, berikut aktivitas sejumlah legenda NBA setelah memutuskan untuk pensiun dari dunia basket profesional.

1. Charles Barkley (penyiar dan analis di NBA on TNT)

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan PensiunCharles Barkley. Foto Instagram sir_charles_barkley

Charles Barkley adalah mantan pemain basket NBA yang sangat terkenal di era 90-an. Ia merupakan MVP tahun 1993 dan sering terpilih masuk NBA All-Star.

Barkley aktif bermain di NBA selama 16 musim, kemudian pada tahun 2000 memutuskan untuk pensiun. Ia langsung mendapatkan tawaran bekerja dari acara televisi NBA on TNT.

Charles Barkley tidak membuang kesempatan untuk pekerjaan baru tersebut. Dirinya bekerja sebagai penyiar sekaligus analis pertandingan NBA. Barkley termasuk sangat awet memandu acara tersebut, sampai saat ini dirinya masih dipercaya bekerja di NBA on TNT.

2. Richard Jefferson (wasit di NBA dan analis NBA di ESPN)

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan PensiunRichard Jefferson. Foto Instagram richardajefferson

Richard Jefferson merupakan mantan pemain NBA yang sering berganti-ganti tim sepanjang 18 musim berkarier di NBA. Ia pernah merasakan gelar juara bersama Cleveland Cavaliers tahun 2016.

Pemain yang akrab disapa RJ itu sendiri memutuskan untuk pensiun sebagai pemain basket profesional tahun 2018. Setahun setelah pensiun tepatnya pada tahun 2019, ia mendapatkan tawaran bekerja dari ESPN sebagai analis pertandingan NBA.

Jefferson tidak hanya bekerja sebagai analis pertandingan saja, baru-baru ini ia terlihat menjadi seorang wasit di NBA Summer League 2022. Ia memimpin pertandingan antara New York Knicks melawan Portland Trail Blazers dan itu merupakan pertandingan debutnya sebagai seorang wasit.

Baca Juga: 10 Potret Memikat Pulau Paserang-NTB Punya Air Laut Sebening Kristal

3. Shaquille O'Neal (penyiar dan analis di NBA on TNT)

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan PensiunShaquille O'Neal. Foto Instagram shaq

Shaquille O'Neal merupakan mantan pemain center paling dominan ketika masih aktif bermain di NBA. Ia berhasil mengoleksi empat cincin juara selama bermain di NBA.

Shaq menghabiskan 19 tahun untuk berkarier di NBA. Tahun 2011, ia memutuskan untuk pensiun dari basket profesional. Ia memulai petualangan baru sebagai penyiar dan analis pertandingan NBA setelah mendapat tawaran pekerjaan dari NBA on TNT.

Shaquille O'Neal menerima tawaran tersebut dan menjadi rekan kerja dari Charles Barkley pada acara televisi tersebut. Shaq menjadi warna baru pada acara tersebut karena kerap kali untuk menyelipkan unsur komedi ketika menganalisa pertandingan atau ketika menjadi penyiar. 

4. Dwyane Wade (pemegang saham tim Utah Jazz)

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan PensiunDwyane Wade. Foto Instagram dwyanewade

Dwyane Wade merupakan legenda dari tim Miami Heat. Ia sudah berkontribusi banyak terhadap Heat dengan mempersembahkan tiga gelar juara selama berkarier sebagai pemain profesional.

Memang saat ini Wade sudah tidak aktif sebagai pemain di NBA tetapi ia masih terjun di kompetisi NBA sebagai pemilik tim. Dirinya berhasil membeli sebagian saham dari tim Utah Jazz.

Dwyane Wade membeli tim tersebut pada tahun 2021 dan langkahnya untuk membeli saham Jazz mendapat respons positif dari penggemar. Kehadiran Wade sebagai pemilik diharapkan bisa mengangkat performa tim dan bisa bersaing untuk menjadi juara pada setiap musimnya.

5. Michael Jordan (pemilik Charlotte Hornets)

Deretan Pekerjaan Mantan Legenda NBA setelah Memutuskan PensiunMichael Jordan. Foto Instagram flighttwenty3

Michael Jordan adalah legenda pemain NBA yang paling bersinar. Ia berhasil mendominasi NBA ketika masih bermain dengan berhasil mendapatkan enam cincin juara bersama Chicago Bulls.

Jordan sudah lama pensiun dari dunia basket profesional, meski pensiun ia masih memiliki pemasukan dari bisnis signature shoes miliknya yang bekerja sama dengan Nike. Dirinya juga masih bergelimang harta dan tetap memutar uang miliknya, salah satu caranya yaitu dengan membeli tim di NBA pada tahun 2010.

Pemain yang akrab disapa MJ ini memutuskan untuk membeli tim Charlotte Hornets. Tim basket miliknya tersebut belum menunjukkan prestasi yang menonjol sejak pertama kali dibeli, meski begitu Hornets sudah berada di jalur yang tepat karena banyak pemain muda berbakat di dalam tim.

Pekerjaan dari mantan bintang NBA di atas memang tidak bisa dipisahkan dari dunia basket yang membesarkan nama mereka. Para pemain tersebut masih menyibukkan diri dengan pekerjaan baru meski sudah bergelimang harta.

Dari kelima mantan pemain NBA tersebut siapakah yang menjadi favorit kalian ?

Baca Juga: Anak-anak NTB Curhat ke Bunda Niken Bersama FJPI NTB

Tio Wahyu Utomo Photo Community Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya