Pertama Kali di Dunia Sepak Bola, Wasit Keluarkan Kartu Putih

Kartu putih diberikan kepada petugas medis kedua tim

Mataram, IDN Times - Dalam laga pertandingan sepak bola, hal lumrah ketika wasit mengeluarkan kartu merah atau kartu kuning untuk menghukum pemain yang  melakukan pelanggaran. Namun menjadi hal tidak biasa ketika pengadil lapangan hijau ini mengeluarkan kartu putih.

Hal tersebut tidak pernah dijumpai dalam pertandingan sepakbola dunia. Momen wasit mengeluarkan kartu putih ini terjadi saat pertandingan Women's Cup di Negara Portugal, yang mempertemukan Sporting Lisbon dan Benfica pada 22 Januari 2023 lalu. Wasit yang bertugas pada pertandingan tersebut untuk pertama kalinya mengeluarkan kartu putih.

1. Kartu putih untuk sportifitas

Pertama Kali di Dunia Sepak Bola,  Wasit Keluarkan Kartu Putihvideo Fotebol Em Portugues

Jika kartu kuning dan kartu merah digunakan sebagai bentuk hukuman bagi pelanggaran sportifitas, hal yang berbeda diterapkan dalam kartu putih. Kartu putih ini digunakan untuk mengapresiasi sikap sportifitas yang ditunjukkan selama pertandingan.

Dalam pertandingan Sporting Lisbon melawan Benfica, kartu putih ini diberikan kepada staf medis kedua tim yang dengan sigap memberikan pertolongan kepada penonton yang membutuhkan pertolongan medis. Momen ini terjadi saat perpanjangan waktu babak pertama, saat itu Benfica telah unggul 3-0.

Seorang penonton pingsan di tribun, dan tim medis kedua tim dengan sigap langsung memberikan bantuan. Karena kesigapan tersebut,  penonton yang berada di Estadio da Luz Portugal memberikan tepuk tangan untuk staf medis.

Baca Juga: Darurat  Mikroplastik, Ketika Sungai di NTB Dijadikan Tong Sampah 

2. Menjadi perdebatan

Pertama Kali di Dunia Sepak Bola,  Wasit Keluarkan Kartu PutihVideo Fotebol Em Portugues

Kartu putih ini merupakan hal yang baru saja diterapkan oleh federasi sepak bola Portugal, Portuguese Football Federation (PFF). Tujuan penggunaan kartu ini adalah untuk menjunjung nilai sportifitas dan nilai etis dari semua perangkat pertandingan.

Penggunaan kartu putih ini masih sebatas di Federasi Sepakbola Portugal. Di liga lain seperti EPL, La Liga, Bundesliga, Ligue 1 dan lainnya masih belum ada rencana untuk penggunaan kartu putih ini. Setelah peristiwa kartu putih ini, banyak diskusi muncul.

 

3. Dinilai buang-buang waktu

Pertama Kali di Dunia Sepak Bola,  Wasit Keluarkan Kartu Putihchrome

Beberapa praktisi dan pengamat sepakbola mengkritisi penggunaan kartu putih, karena dinilai manfaatnya tidak terlalu signifikan bagi pemain ataupun tim.  Karena menurut mereka, kartu putih ini tidak memberi keuntungan riil bagi klub atau pemain. Selain itu, dinilai buang-buang waktu.

Nah bagaimana menurut kalian, perlu tidak ada upaya penghargaan pada sportifitas melalui kartu putih?

Baca Juga: Ali BD Sebut BKPM RI Ngawur Keluarkan Izin Pembangunan Hotel Temada

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya