Comscore Tracker

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGP

Penting untuk pengembangan motor balap Honda

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig berharap Marc Marquez fit untuk menunggangi RC213V saat tes pra musim MotoGP di Misano bulan depan. Marquez saat ini mengambil jeda dari kompetisi untuk fokus melakukan pemulihan lengan kanannya yang cedera sejak terjatuh di Jerez dua tahun lalu.

Sang juara dunia delapan kali itu dijadwalkan menjalani cek medis dan pemindaian CT pada 25-26 Agustus untuk mengetahui progres pemulihan tulang lengannya. Apabila mendapat lampu hijau dari dokter untuk kembali mengaspal lagi, Marquez dapat meningkatkan program latihannya dan melanjutkan pemulihannya ke tahap selanjutnya.

1. Penting ikut tes

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGPAlex Marquez di depan Marc Marquez. (motogp.com)

Puig, kepada media Spanyol DAZN menekankan betapa pentingnya Marquez ambil bagian di tes Misano. Marc dapat mengendarai motornya dan memberikan umpan balik yang penting bagi Honda sebagai bekal pengembangan motor 2023.

"Kita akan melihat bagaimana kondisi tulangnya saat pemindaian CT selesai," kata Puig dikutip laman resmi MotoGP pada Rabu (24/8/2022).

2. Tes saja meski tak 100 lap

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGPPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Puig berharap Marc bisa kembali mengaspal dalam tes untuk musim mendatang. Tentu saja dengan harapan Marc sudah dalam kondisi kesehatan yang baik.

"Saya pribadi mengira dia tidak akan berada di sana untuk balapan, tapi apabila dia bisa hadir untuk tes, bahkan apabila tidak melakukan 100 lap saat tes, tapi sekadar beberapa kali kesempatan dan menyarankan ini-itu, itu akan sangat penting," kata Puig seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Baru Pulang Haji, Seorang Pria di Lombok Timur Nekat Gantung Diri

3. Demi pengembangan motor

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGPMarc Marquez dan Alex Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Puig mengatakan tes di Misano akan sangat penting untuk menentukan arah pengembangan purwarupa motor untuk tes Valencia.

"Dan apabila Marquez tak dapat fit untuk Misano, maka Honda akan melaju "sedikit buta"," kata Puig.

4. Bergantung pada pembalap lain

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGPmotogp.com

Beberapa waktu lalu pihak Honda harus sedikit bergantung kepada Pol (Espargaro) dan kemudian kepada test rider. Menurut Puig, pastinya yang paling tahu motor ini dari pengalamannya Marc sangat mengenal motor ini karena dia telah memenangi banyak balapan.

"Bukan karena pembalap lain tidak paham dengan motor ini, jangan salah paham, tentunya mereka mengerti, tapi satu yang sangat memahaminya adalah dia yang telah menang lebih banyak dengan motor itu dan mengetahuinya," ujarnya.

5. Honda kesulitan jika Marquez tak ikut tes

Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGPmotogp.com

Puig mengatakan bahwa pihaknya akan sedikit kesulitan jika pada tes kali ini Marc tidak dapat berpartisipasi. Sebab pihaknya perlu mengetahui testimoni salah satu legenda MotoGOP ini.

"Apabila dia (Marquez) tidak ada di sana (Misano), ini bukan jadi alasan, tapi membuat tugas kami sedikit lebih sulit," kata Puig.

Baca Juga: Jaksa Periksa Petani Penerima Dana KUR di Lombok Timur

Yerin Sin Photo Community Writer Yerin Sin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya