Sempat Crash, Alvaro Bautista Juara Race 2 WSBK Mandalika

Alvaro Bautista pemuncak klasemen sementara WSBK 2023

Lombok Tengah, IDN Times - Pembalap Aruba.it Ducati Alvaro Bautista mampu bangkit dalam Race 2 World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Minggu (5/3/2023) pukul 13.30 Wita. Sempat crash dalam Race Superpole, pembalap Spanyol ini menjuarai Race 2 WSBK Mandalika 2023. 

Balapan ini sempat dihentikan menyusul kecelakaan dua pembalap di lap 7 antara antara Michael van Der Mark dengan Philipp Oetll. Pihak race direction menghentikan sementara balapan dan pembalap pun kembali ke garasi.

1. Bautista diuntungkan adanya red flag

Sempat Crash, Alvaro Bautista Juara Race 2 WSBK MandalikaAlvaro Bautista (instagram.com/abautista19)

Pembalap Toprak Ratgatlioglu dan Andrea Locatelli langsung merangsak ke depan sesaat bendera start sudah dikibarkan. Tidak berlangsung lama, Toprak disalip pembalap Aruba.it Ducati Michael Ruben Rinaldi saat memasuki lap 2. 

Sedangkan Alvaro Bautista start dari posisi 10 dan masih harus berjuang mengejar ketertinggalannya. 

Setelah lap 7, race direction mengibarkan red flag sebagai isyarat balapan dihentikan sementara akibat adanya accident di antara pembalap. Balapan dihentikan sementara dan kembali dimulai lagi pukul 15.00 Wita dengan 14 lap.

Persaingan terjadi di antara Michael Ruben Rinaldi, Toprak, dan Alvaro Bautista. Rinaldi, pembalap asal Italia ini langsung kabur dari dua rivalnya ini.

Bautista berhasil meninggalkan Toprak saat balapan menyisakan 11 lap dan langsung mengejar Rinaldi yang sudah jauh di depan. Penghujung akhir balapan, Bautista kembali mengasapi rekannya sesama tim Ducati saat balapan menyisakan 2 lap lagi. 

Rinaldi sempat mencoba mengejar ketertinggalan, tetapi motornya melebar ke luar lintasan. Posisinya pun terpaksa harus diserahkan kepada pembalap di belakang, yakni Toprak dan Xavi Vierge. 

Baca Juga: 4 Pembalap Crash, Toprak Superpole Race 2 WSBK di Mandalika 

2. Bautista juarai Race 1 dan 2 WSBK Mandalika 2023

Sempat Crash, Alvaro Bautista Juara Race 2 WSBK MandalikaTiga pembalap yang meraih podium race 2 WSBK Mandalika 2023 yaitu Alvaro Bautista, Toprak Ratgatlioglu dan Xavi Vierge. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam WSBK Mandalika 2023, Bautista tercatat dua kali menjadi juara pada Race 1 dan 2. Pembalap asal Spanyol ini mencatatkan waktu tercepat 21 menit 43,781 detik pada Race 2 WSBK Mandalika 2023.

Sebelumnya, pada Race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (4/3/2023), Bautista juga meraih juara. Meski start dari posisi ketiga, Bautista mampu mengejar dua pembalap Pata Yamaha Prometeon Toprak Ratgatlioglu dan Andrea Locatelli.

Pembalap Spanyol ini melahap 21 lap Race 1 WSBK Mandalika dengan catatan waktu 32 menit 44,093 detik.

3. Bautista di puncak klasemen sementara WSBK 2023

Sempat Crash, Alvaro Bautista Juara Race 2 WSBK MandalikaAlvaro Bautista saat menjuarai race 1 WSBK Mandalika 2023, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan hasil balapan di Sirkuit Mandalika, Bautista berada di puncak klasemen sementara WSBK 2023 disusul Toprak Ratgatlioglu dan Andrea Locatelli.

Bautista telah mengumpulkan 112 poin, sedangkan Toprak dan Locatelli masing-masing 75 poin dan 70 poin.

Selanjutnya posisi keempat Axel Bassani dengan perolehan 51 poin, kelima Michael Ruben Rinaldi 47 poin. Sedangkan pembalap Kawasaki Jonathan Rea berada di posisi keenam dengan raihan 44 poin disusul Xavi Vierge posisi ketujuh 43 poin.

Baca Juga: Start Posisi Ketiga, Alvaro Bautista Juarai Race 1 WSBK Mandalika 2023

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya