Penonton MotoGP Mandalika Memperoleh Fasilitas Angkutan Bus Gratis

Angkutan bus gratis disiapkan di enam titik pintu masuk

Mataram, IDN Times - Kementerian Perhubungan menyiapkan bus sebagai sarana transportasi gratis bagi penonton balapan MotoGP Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 - 20 Maret mendatang. 

Sebanyak 278 angkutan shuttle bus tersebut akan tersedia pada enam titik di lokasi Lombok Tengah.

"Kemenhub bersama kita sudah menghitung ada 278 shuttle bus gratis. Masyarakat bisa menggunakan gratis asalkan punya tiket," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Moh Faozal dikonfirmasi di Mataram, Kamis (3/2/2022).

1. Bus gratis disiapkan di enam titik pintu masuk

Penonton MotoGP Mandalika Memperoleh Fasilitas Angkutan Bus GratisBus DAMRI layani Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat dengan tarif mulai dari Rp90 ribu. (dok. Perum DAMRI)

Faozal menyebutkan, layanan angkutan bus gratis disiapkan pada enam titik pintu masuk menuju Sirkuit Mandalika. Antara lain di Pelabuhan Lembar dan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, Eks Bandara Selaparang, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, dan dua titik di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Di dalam kawasan Mandalika sendiri, kata Faozal disiapkan 81 bus untuk mengangkut penonton ke dalam sirkuit.

"Ada 81 bus di dalam sirkuit dari parkir timur dan parkir barat menuju sirkuit. Kita menghitung juga area parkir. Karena ada minimal 63 ribu penonton maka kantong parkir kita tambah," katanya.

Baca Juga: 25.000 Tiket Murah MotoGP Dijual untuk Warga NTB 

2. Pintu masuk Pelabuhan Gili Mas jadi atensi

Penonton MotoGP Mandalika Memperoleh Fasilitas Angkutan Bus GratisKepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB ini mengatakan, pintu masuk penonton MotoGP di Pelabuhan Gili Mas menjadi atensi khusus.

Pasalnya di sana juga disiapkan hotel terapung.

Ia menyebutkan akan ditempatkan tiga kapal sebagai hotel terapung dengan kapasitas daya tampung lebih dari 6 ribu kamar. Dengan adanya hotel terapung di Pelabuhan Gili Mas diharapkan dapat mengatasi kekurangan akomodasi pariwisata saat event MotoGP.

3. Gelar kordinasi dengan stakeholder terkait

Penonton MotoGP Mandalika Memperoleh Fasilitas Angkutan Bus GratisRapat koordinasi persiapan MotoGP Mandalika sektor perhubungan di Mataram, Kamis (3/2/2022) (IDN Times /Muhammad Nasir)

Faozal menambahkan pihaknya telah menggelar rapat kordinasi dengan stakeholder terkait mengenai kesiapan sektor perhubungan jelang MotoGP Mandalika 2022.

Sejumlah poin disepakati terkait dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

"Di mana simpul-simpul pergerakan orang. Kemudian bagaimana dia bergerak dari simpul itu ke Mandalika. Serta bagaimana moda transportasinya," terangnya.

Selain itu, juga dibicarakan mengenai kesiapan daya dukung pelabuhan, bandara dan moda transportasi darat. Kemudian memetakan kembali konsentrasi pengunjung MotoGP.

"Di mana dia berada, dan menginap. Sehingga pengaturan moda trabsportasi bersesuaian dengan kebutuhan," tandas Faozal.

Baca Juga: Jepang, Negara Tujuan Ekspor Terbesar NTB di Bulan Desember 2021 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya