Comscore Tracker

Bangga! Lima Atlet NTB ini Dapat Medali di SEA Games Vietnam

Atlet NTB berikan satu emas, dua perak dan satu perunggu

Mataram, IDN Times - Sebanyak lima atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) menyumbang medali untuk Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Sebanyak 4 medali berhasil dibawa pulang untuk kontingen Merah Putih.

Medali yang dipersembahkan atlet NTB yaitu satu emas, dua perak dan satu perunggu. Medali emas disumbangkan dari cabor karate, medali perak dari cabor tinju dan voli pantai dan medali perunggu dari cabor atletik lompat jauh.

"Atlet NTB menyumbang satu emas, dua perak dan satu perunggu," kata Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (23/5/2022).

1. Medali emas diraih karateka NTB Zigi Zaresta

Bangga! Lima Atlet NTB ini Dapat Medali di SEA Games VietnamAtlet karate NTB Ahmad Zigi Zaresta saat bertanding di SEA Games Vietnam (IDN Times/KONI NTB)

Atlet karate NTB, Ahmad Zigi Zaresta Yuda, berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2021, pada Rabu (18/5/2022). Atlet asal Kabupaten Lombok Barat itu meraih emas dari cabang olahraga karate nomor individu kata putra.

Zigi menjadi penyumbang medali emas pertama Indonesia dari cabor karate SEA Games 2021. Selain mendapat medali emas dari Zigi, cabor karate Indonesia juga berhasil menyumbangkan dua medali perunggu. Meskipun gagal meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX tahun 2021, namun Zigi berhasil membuktikan prestasinya di SEA Games Vietnam.

Baca Juga: Penonton MXGP Samota Disiapkan 1.000 Camping Ground dan Kapal Perang

2. Dua medali perak dari cabor tinju dan voli pantai

Bangga! Lima Atlet NTB ini Dapat Medali di SEA Games VietnamAtlet Voli Pantai NTB Putu Dini Jasita Utami/Dhita Juliana saat pemberian medali perak di SEA Games Vietnam (Instagram.com/dinijasita01)

Mori mengatakan dua medali perak SEA Games Vietnam disumbangkan oleh atlet NTB dari cabor tinju dan voli pantai. Atlet tinju NTB Huswatun Hasanah berhasil membawa pulang medali perak.

Petinju kebanggaan NTB itu menjadi satu-satunya petinju putri Indonesia yang lolos ke final SEA Games 2021. Di partai final tinju putri kelas 60 Kg yang digelar Minggu (22/5/2022) sore, di Bac Ning Sport University, Hanoi, Vietnam, Huswatun berhadapan dengan petinju tuan rumah, Tran Linh.

Selain itu, medali perak juga berhasil disumbangkan atlet voli pantai beregu asal NTB Putu Dini Jasita Utami/Dhita Juliana. Mereka berhasil menyumbangkam medali perak untuk Indonesia usai mengumpulkan 216 poin pada pertandingan terakhir saat berhadapan dengan Thailand.

3. Medali perunggu disumbangkan Sapwaturhman

Bangga! Lima Atlet NTB ini Dapat Medali di SEA Games VietnamAtlet lompat jauh NTB Sapwaturrahman (Dok. Instagram Sapwaturrahman)

Sementara itu, medali perunggu disumbangkan atlet lompat jauh NTB Sapwaturrahman. Sapwaturrahman berhasil menambah medali untuk kontingen Indonesia, pada Minggu (15/5/2022).

Meskipun Sapwaturrahman sempat cedera, namun Sapwaturrahman tetap dapat mempersembahkan medali perunggu untuk Merah Putih setelah melakukan lompatan sejauh 7,61 meter.

Pada SEA Games ke-31 di Vietnam, ada tujuh atlet NTB dalam Kontingen Indonesia. Mereka adalah Putu Dini Jasita Utami dan Dhita Juliana dari cabang olahraga voli pantai.
Kemudian Sudirman Hadi, Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman dari cabang olahraga atletik. Selanjutnya, Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari cabang olahraga karate dan Huswatun Hasanah dari cabang olahraga tinju.

Baca Juga: Dinas Dikbud NTB Antisipasi Calon Siswa Numpang KK saat PPDB

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya