Comscore Tracker

Dispar Harap Pelaku Pariwisata Mataram juga Kecipratan Dampak MXGP

Dampak ekonomi MXGP Samota diharapkan sampai Mataram

Mataram, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berharap perhelatan balap motocross MXGP yang akan berlangsung 24–26 Juni 2022 di Samota, Kabupaten Sumbawa, bisa memberikan dampak positif bagi pelaku usaha pariwisata di Kota Mataram.

"Meskipun balap motocross MXGP berlangsung di Pulau Sumbawa, kita harapkan ada dampak ekonomi untuk pelaku usaha di Mataram meskipun tidak signifikan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram seperti dikutip dari Antara, Jumat (6/5/2022).

1. Jarak jadi kendala

Dispar Harap Pelaku Pariwisata Mataram juga Kecipratan Dampak MXGPGoogle Map

Denny mengakui, pihaknya agak sulit menghadapkan dampak signifikan karena kecil kemungkinan para tamu menginap, berbelanja, serta berwisata di Kota Mataram. Salah satu pertimbangannya adalah jarak tempuh berjam-jam dan harus melakukan perjalanan darat.

"Kalau pelaksanaan di Pulau Lombok seperti WSBK dan MotoGP, kita bisa mendapatkan dampak ekonomi signifikan bahkan kita bisa ikut serta melaksanakan berbagai kegiatan," katanya.

Artinya, kapasitas peluang perhelatan balap motocross MXGP lebih dominan di Pulau Sumbawa sebagai pusat kegiatan tersebut. Berbeda dengan MotoGP yang berlangsung di Lombok Tengah, namun masih berada satu pulau dengan Kota Mataram yakni Pulau Lombok. 

2. Berharap banyak event di Lombok

Dispar Harap Pelaku Pariwisata Mataram juga Kecipratan Dampak MXGPPembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder memacu kecepatan sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Akan tetapi, dalam hal ini pelaku pariwisata di Mataram bisa ambil bagian untuk pertemuan berbagai persiapan biasa saja sebab standar hotel di Mataram sudah internasional.

"Rata-rata hotel di Mataram sudah memiliki standar Internasional dan menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes) COVID-19," katanya.

Namun demikian sambung Denny, biarlah kegiatan MXGP menjadi bagian Pulau Sumbawa sebagai upaya pemerintah provinsi dalam rangka pemerataan geliat ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Harapan kita ke depan akan semakin banyak event-event berskala nasional dan internasional yang digelar di Pulau Lombok agar bisa berdampak pada ekonomi masyarakat terutama pelaku pariwisata," katanya.

3. Tentang MXGP Samota

Dispar Harap Pelaku Pariwisata Mataram juga Kecipratan Dampak MXGPIndosport.com/Robertus Pudyanto

Perhelatan kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebentar lagi akan digelar pada 24 - 26 Juni 2022. Penjualan tiket ajang balap motocross dunia tersebut akan mulai dilakukan.

Ketua Harian Persiapan MXGP Samota, dr. Lalu Herman Mahaputra memberikan bocoran harga tiket ajang balap tersebut. Ia menyebut harga tiket untuk kelas festival antara Rp75 ribu sampai Rp100 ribu. Sedangkan untuk kelas VIP sekitar Rp1 - 2 juta.

Berdasarkan hasil rapat terakhir, kata Herman Mahaputra, tiket yang dijual lebih banyak untuk kelas festival. Karena karakteristik daripada penonton MXGP berbeda dengan MotoGP.

"Dari rapat kemarin harga tiketnya antara Rp75 - 100 ribu yang (kelas) festival. Modelnya lebih natural mungkin pakai grandstand atau panggung biasa. Ada tiket VIP juga nanti, dari Rp1 sampai Rp2 juta," ungkapnya.

Baca Juga: Harga Tiket MXGP Samota Termurah Rp75 Ribu  

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya