Comscore Tracker

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 Juta

50 kelurahan diharapkan budidaya maggot

Mataram, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, optimistis dapat menyumbang pendapatan daerah (PAD) dari kegiatan budi daya maggot. Budi daya di Maggot Center Kebon Talo ditargetkan menyumbang PAD sebesar Rp360 juta per tahun.

Dilansir Antara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Jumat, mengatakan, apabila pembuatan bak pengembangan budi daya maggot rampung maka potensi PAD bisa terlihat sekitar Rp30 juta per bulan dengan target panen maggot per bulan 5.000 kilogram.

1. Hasilkan 1.200 kilogram per bulan

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 Jutapribadi

Dikatakan, untuk saat ini kegiatan budidaya maggot di Kebon Talo baru menghasilkan 1.200 kilogram per bulan sebab saat ini terdapat 20 bak atau wadah budi daya maggot. Satu bak berukuran 1x2 meter menghasilkan 30-40 kilogram maggot basah.

"Kalau target kita itu sudah tercapai, Insya Allah kita bisa lihat potensi PAD setahun dari budi daya maggot mencapai Rp360 juta," katanya.

2. Dipanen satu kali dalam dua minggu

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 JutaIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Maggot bisa dipanen 14 hari sekali, sebab jika lebih maggot akan menjadi indukan atau pupa. Sementara, untuk pakan ternak seperti itik, ikan dan lainnya adalah yang masih berupa maggot basah ukuran sedang bukan pupa.

"Untuk sementara saat ini kita jual maggot basah dengan harga Rp6.000-7.000 per kilogram. Jadi tinggal dikalikan saja satu bak kita panen sekitar 30-40 kilogram, dikalikan 20 bak," katanya.

Baca Juga: Motif Pembunuh Guru TK di Lombok karena Persoalan Asmara

3. Warga diajak budi daya maggot

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 JutaPetugas TPS Terpadu memilah makanan untuk maggot. IDN Times/Fariz Fardianto

Dengan melihat potensi ekonomi pada budi daya maggot, Kemal mengajak masyarakat untuk mengembangkan maggot, bila perlu di setiap lingkungan.

"Selain bernilai ekonomis dan bisa menambah penghasilan warga, maggot juga dapat mengurangi sampah rumah tangga," katanya.

4. Satu kelompok per kelurahan

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 JutaTim PHP2D KAB

Kemal mengatakan, program budidaya maggot kini menjadi satu kebanggaannya sebab memberikan banyak manfaat. Terkait dengan itu, pihaknya mengajak warga untuk melihat peluang ini.

"Kami siap memberikan indukan (pupa) maggot secara gratis bagi warga uang mau mengembangbiakkan maggot. Harapannya, di 50 kelurahan minimal ada satu kelompok budidaya maggot," katanya.

5. Tentang maggot

Budi Daya Maggot Menjanjikan, Mataram Target PAD Rp360 JutaiStock

Maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin. Seperti yang sudah disebutkan bahwa maggot merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa.

Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon. Siapa sangka, di balik itu semua, maggot memiliki potensi untuk dibudidayakan. Bagi beberapa orang, budidaya maggot merupakan potensi yang menggiurkan untuk dikembangkan.

Baca Juga: Guru TK yang Ditemukan Meninggal di Mataram Dibunuh oleh Kekasihnya

Ririn Sintani Photo Community Writer Ririn Sintani

Suka memasak dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya