Tinggal Teken Kontrak, Balap GT World Challenge Digelar di Mandalika

MGPA ajukan homologasi Sirkuit Mandalika untuk balap mobil

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menjajaki digelarnya balap mobil GT World Challenge Asia di Sirkuit Mandalika. Wakil Direktur Utama MGPA Samsul Purba mengatakan secara prinsip sudah ada kesepakatan dengan SRO Motorsports Group sebagai promotor GT World Challenge Asia.

"Secara prinsip, sudah ada kesepakatan. Mungkin dalam waktu dekat kita tandatangani kontrak kerja samanya, kontrak promotornya," ungkap Samsul dikonfirmasi IDN Times, Kamis (25/4/2024).

1. Diharapkan dapat digelar pada 2025

Tinggal Teken Kontrak, Balap GT World Challenge Digelar di MandalikaWakil Direktur Utama MGPA Samsul Purba. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Samsul menjelaskan balap mobil GT World Challenge Asia merupakan program yang dijajaki sejak lama. Bahkan pihak SRO Motorsports Group sudah datang ke Sirkuit Mandalika pada 2022. Pada waktu itu, Sirkuit Mandalika masuk kalender balap mobil GT World Challenge Asia.

"Tapi waktu itu kita ada sedikit permasalahan di trek. Sehingga kami tidak memiliki cukup waktu mempersiapkannya. Jadi, tahun ini kami jajaki kembali supaya tahun 2025 nanti, GT World Challenge Asia bisa masuk ke Indonesia," terang Samsul.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB: IMI Surati FIM Minta Penundaan MXGP Indonesia 2024

2. Keputusan paling lambat bulan Juli

Tinggal Teken Kontrak, Balap GT World Challenge Digelar di MandalikaIlustrasi penonton MotoGP Mandalika di tribun dekat tikungan 16. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Samsul mengatakan keputusan mengenai Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap mobil GT World Challenge Asia harus segera diputuskan paling lambat bulan Juli mendatang. Pasalnya, kalender balap tahun 2025 akan segera dilaunching.

Dikatakan, Sirkuit Mandalika memang belum mendapatkan sertifikasi homologasi grade 3 dari Federasi Automobil Internasional atau Federation Internationale Automobile (FIA).

"Tetapi FIA sudah inspeksi. Terus saat ini, Dorna juga di bawah naungan Liberty Media, satu naungan dengan Formula One. Artinya, saat ini FIA sudah punya joint commitee," sebutnya.

3. Targetkan dapat homologasi grade 3

Tinggal Teken Kontrak, Balap GT World Challenge Digelar di MandalikaInspeksi FIA di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Diharapkan dengan adanya joint commitee ini, menjadi lebih mudah bagi MGPA untuk memenuhi persyaratan yang diminta FIA dari hasil inspeksi di Sirkuit Mandalika. MGPA sudah mengajukan homologasi Sirkuit Mandalika untuk gelaran balap mobil.

"Target kami dalam dua bulan ini, sertifikasi homologasi FIA grade 3 sudah dapat," tambahnya.

Menurut Samsul, masuknya gelaran GT World Challenge Asia di Sirkuit Mandalika akan menjadi pemicu masuknya balap mobil yang lain. Seperti Thailand Super Series, Le Man Series dan lainnya.

"Semua akan mengikuti di belakangnya. Karena kuncinya adalah GT World Challenge Asia masuk dulu di Sirkuit Mandalika," tandasnya.

Saat melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika pada 2022 lalu, FIA memberikan sejumlah rekomendasi. Rekomendasi FIA terkait dengan penaambahan fasilitas keamanan untuk balapan roda empat di Sirkuit Mandalika seperti penambahan pit exit dan beberapa penempatan carrier barrier.

Baca Juga: Direktur SEG Tanggapi Soal Kabar Penundaan MXGP Indonesia 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya