Sambut MotoGP, Lombok Timur Siapkan Layanan Hotel dan Penginapan

Rumah warga juga disiapkan menjadi homestay

Lombok Timur, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memantau langsung kesiapan sarana prasarana jelang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada bulan Maret mendatang. Khususnya soal ketersediaan jasa penginapan guna menyambut ribuan pencinta balapan dari dalam maupun luar negeri. 

Lombok Timur sendiri telah menyiapkan sebanyak 1.532 penginapan, terdiri layanan hotel bintang, vila, camping ground, homestay, hingga sarana hunian pariwisata. 

Selain itu, sebagai cadangan disiapkan dua rumah susun sederhana sewa (rusunawa) berkapasitas 200 kamar di Labuhan Haji dan Labuhan Lombok.

"Meninjau langsung kesiapan homestay dan hotel di kawasan Pantai Selatan Lombok Timur," kata Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Rabu (19/1/2022). 

1. Pastikan kesiapan penginapan dan atraksi seni budaya sambut MotoGP

Sambut MotoGP, Lombok Timur Siapkan Layanan Hotel dan PenginapanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sarhunta di Desa Mong Lombok Tengah, Rabu (13/1/2022) atau sehari sebelum kunjungan Presiden ke kawasan Mandalika, Kamis (13/1/2022). Foto Humas Kemenparekraf

Yusron menyatakan, tujuan utamanya memang memastikan kesiapan penginapan-penginapan yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Termasuk juga kesiapan atraksi seni budaya dan produk ekonomi kreatif (ekraf) akan ditampilkan warga setempat. 

Penyelenggaraan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika sudah ditentukan digelar pada bulan Maret 2022 mendatang. 

Layanan perhotelan di Lombok Timur dipusatkan berada di wilayah utara dan selatan. Sedangkan homestay dan camping ground berada di bagian utara dan tengah Kabupaten Lombok Timur. 

Bangunan rusunawa milik pemerintah daerah juga berada di bagian utara dan tengah Lombok Timur. 

"Kita meminta supaya Dispar Lombok Timur juga turut menginventarisasi kemungkinan rumah penduduk yang bisa disewakan selama gelaran MotoGP," ujarnya.

Baca Juga: 1.000 Tenda Penginapan di Gili Gede untuk Penonton MotoGP, Efektifkah?

2. Siapkan posko wisata harmony MotoGP

Sambut MotoGP, Lombok Timur Siapkan Layanan Hotel dan PenginapanPresiden Jokowi meninjau Sarhunta yang disiapkan untuk penonton MotoGP 2022 di Lombok Tengah. (dok Kementerian PUPR)

Promosi wisata kota/kabupaten di NTB, menurut Yusron dapat menempati Posko Wisata Harmony MotoGP di beberapa titik Pulau Lombok. 

Posko Wisata Harmony MotoGP dimaksudkan sebagai tempat mempromosikan destinasi wisata, seni budaya dan ekraf semua kabupaten/kota di NTB. 

Sekaligus bisa memandu pengunjung MotoGP agar lebih mudah berwisata di NTB.

Posko Wisata Harmony MotoGP pun disiapkan di kawasan Sirkuit Mandalika, Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat dan Eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

3. Menghadirkan seni budaya Lombok-Sumbawa.

Sambut MotoGP, Lombok Timur Siapkan Layanan Hotel dan PenginapanPenari tradisional diiringi tabuhan gendang beleq IDN Times/Ahmad Viqi

Pagelaran side event lainnya akan menghadirkan seni budaya Lombok-Sumbawa. Sehingga diharapkan juga agar kabupaten/kota menyiapkan komunitas seni budaya yang akan tampil baik di Mandalika maupun lokasi-lokasi side event di luar Mandalika.

Selain itu, promosi produk-produk ekfraf harus dikelola dengan baik. Perwakilan kota/kabupaten di NTB diminta mengirimkan utusannya yang menampilkan produk ekraf mengisi stand-stand yang sudah disiapkan di area Mandalika dan luar Mandalika. 

Khususnya di simpul-simpul transportasi menuju Mandalika.

Yusron menjalin kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan, dan Kemenparekraf dalam menampilkan produk siap dipromosikan. 

Baca Juga: Target 100.000 Penonton MotoGP, Penginapan di NTB Hanya 22.038 Kamar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya