Pemerintah Gelontorkan Rp576 Miliar untuk Poles Mandalika

Benahi infrastruktur pendukung MotoGP

Mataram, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran sebesar Rp576 miliar lebih untuk pembangunan infrastruktur pendukung MotoGP Mandalika 2022. Pembangunan infrastruktur pendukung bidang ke-PU-an tersebut ditargetkan harus rampung sebelum bulan Maret mendatang.

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ridwan Syah mengatakan kawasan Mandalika yang akan menjadi lokasi perhelatan MotoGP 2022 pada 18 - 20 Maret mendatang tidak boleh macet, ada genangan dan kumuh. Semua harus bersih dan tanpa kendala.

"Kementerian PUPR telah menganggarkan di tahun 2022. Baik untuk sumber daya air, bina marga dan rumah itu totalnya Rp576 miliar lebih," sebut Ridwan.

1. Pembangunan jalan bypass BIL - Mandalika Dilanjutkan

Pemerintah Gelontorkan Rp576 Miliar untuk Poles MandalikaJalan di Bypass Bil-Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Ridwan menjelaskan anggaran sebesar Rp576 miliar digunakan salah satunya untuk lanjutan pembangunan jalan bypass BIL - Mandalika sepanjang 17 km. Ruas jalan sepanjang 17 km tersebut mengedepankan konsep keberlanjutan dan akan menjadi contoh nasional.

"Bagaimana membangun jalan yang mengedepankan prinsip keasrian, daya dukung lingkungan dan hijau. Jalur lambatnya ditanami rumput, bukit-bukitnya semua menggunakan teknologi geomat. Sehingga tidak ada tebing-tebing yang tidak hijau," jelas Ridwan.

Baca Juga: Satu Pasien Omicron di NTB Meninggal Usai Terjangkit Transmisi Lokal 

2. Penataan tiga bundaran

Pemerintah Gelontorkan Rp576 Miliar untuk Poles MandalikaBundaran depan Bandara Internasional Lombok yang akan ditata jelang MotoGP Mandalika 2022 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ridwan menambahkan Kementerian PUPR juga akan menata tiga bundaran jelang MotoGP Maandalika. Ketiga yaitu bundaran depan Bandara Internasional Lombok (BIL), Bundaran Sunggung dan bundaran dekat Masjid Nurul Bilad Mandalika.

Termasuk juga koridor jalan ruas Kuta - Keruak sepanjang 5,3 km juga akan ditata. Sehingga kata Mantan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB ini, orang bukan hanya datang menonton balap saja tetapi juga dapat menyaksikan keasrian infrastruktur pendukung MotoGP Mandalika.

3. Lebarkan jalan depan Sirkuit Mandalika

Pemerintah Gelontorkan Rp576 Miliar untuk Poles MandalikaJalan ruas Kuta - Keruak dari Bundaran Sunggung menuju Sirkuit Mandalika yang akan dilebarkan jelang MotoGP 2022 (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk mencegah terulangnya kemacetan menuju Sirkuit Mabdalika, mulai dikerjakan pelebaran jalan sepanjang 5,3 km atau ruas Kuta - Keruak dengan anggaran hampir Rp140 miliar. Dari 5,3 km jalan yang dilebarkan, sepanjang 1,4 km menjadi prioritas.
Jalan depan Sirkuit Mandalika nantinya akan dibangun seperti bypass BIL - Mandalika. Pelebaran jalan ini penting agar tidak terulang kemacetan seperti saat perhelatan World Superbike (WSBK) 2021.

Pasalnya dalam perhelatan MotoGP Maret mendatang jumlah penonton lima kali lipat dari WSBK. Presiden Joko Widodo telah mengizinkan jumlah penonton MotoGP Mandalika menjadi 100.000 orang dari sebelumbya 63.500 orang.

"Termasuk menata landscape dari Bundara Sunggung menuju Masjid Nurul Bilad. Serta menata 195 rumah dan bangunan di sana tidak boleh kumuh. Insyaallah pekerjaannya akan rampung sebelum bulan Maret," tandas Ridwan.

Baca Juga: Jalan Depan Sirkuit Mandalika Dilebarkan dengan Anggaran Rp140 Miliar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya