Comscore Tracker

MXGP Samota Sukses, 3 Event Internasional Segera Digelar di Mandalika 

Branding Lombok dari sejumlah event internasional

Lombok Tengah, IDN Times - Kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Rocket Motor Circuit Sumbawa, sukses digelar pada 24 - 26 Juni 2022. Setelah MXGP Samota, akan menyusul gelaran tiga event internasional di KEK Mandalika, Kuta Lombok Tengah, Provinsi NTB.

PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, meyakini suksesnya penyelenggaraam MXGP Samota menjadi salah satu bukti NTB memiliki potensi pengembangan industri sport tourism.

1. NTB kawasan yang menarik dan menantang untuk event olahraga bergengsi

MXGP Samota Sukses, 3 Event Internasional Segera Digelar di Mandalika Pembalap HRC Team, Tim Gajser saat tampil di MXGP Samota, Minggu (26/6/2022). (mxgp.com)

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan terselenggaranya MXGP Samota menunjukkan bahwa NTB adalah wilayah dengan kawasan pariwisata yang indah. Kemudian memiliki kontur yang unik, menarik, dan menantang untuk penyelenggaraan sejumlah event- event olahraga bergengsi, termasuk olahraga otomotif.

Hal ini sejalan dengan penyelenggaraan event-event internasional yang telah berjalan lainnya di NTB. Yakni World Superbike (WSBK) dan MotoGP pada 2021 dan 2022 di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok.

“Kami turut senang penyelenggaraan event MXGP Samota pada akhir minggu kemarin telah berjalan sukses. Selamat kepada Pemerintah Provinsi NTB, promotor, dan seluruh masyarakat NTB atas penyelenggaraan yang lancar, aman, dan tertib," kata Bram, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Tim Gajser Juarai MXGP Samota, Makin Kokoh di Klasemen 2022

2. Menambah gaung NTB di mata dunia

MXGP Samota Sukses, 3 Event Internasional Segera Digelar di Mandalika Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro (IDN Times/Muhammad Nasir)

ITDC, kata Bram, yakin penyelenggaraan event MXGP di Samota ini telah menambah pengalaman bagi NTB menjadi tuan rumah serta berpartisipasi pada event-event internasional balap bergengsi. Penyelenggaraan MXGP di Samota juga diyakini menambah gaung NTB di mata dunia mengenai potensi dan keindahan alam Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya jumlah media internasional yang meliput penyelenggaraan event MXGP di Samota. Bertambahnya event internasional seperti MXGP di NTB ini juga diyakini menjadi salah satu kinerja sukses dari Pemerintah Provinsi NTB yang patut diapresiasi karena dapat mendorong peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga otomotif di NTB itu sendiri.

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat telah memiliki kesadaran akan potensi-potensi penyelenggaraan event internasional di NTB," ucapnya.

3. Tiga event internasional segera digelar di Mandalika

MXGP Samota Sukses, 3 Event Internasional Segera Digelar di Mandalika Sirkuit Mandalika. (Dok. ITDC)

Bram menyebutkan sejumlah event berskala internasional juga akan digelar di Kawasan Mandalika. Antara lain Shell Eco Marathon, World Superbike, dan World Body Building Championship.

Pihaknya berharap penyelenggaraan event-event internasional semakin banyak dan meningkat di Indonesia, khususnya di Provinsi NTB. Ia optimistis penyelengaraan event internasional di NTB, khususnya di Mandalika, akan meneguhkan NTB sebagai kawasan yang cocok untuk pengembangan sport tourism.

"Sekaligus mampu meningkatkan kunjungan wisatawan yang mendorong pemulihan pariwisata pascapandemik Covid-19 serta memberikan multiplier effect yang luas bagi masyarakat di Indonesia,” tutup Bram.

Baca Juga: Hoki! Perawat ini Dapat Jam Tangan Mewah dari Pembalap MXGP

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya