Produk UMKM NTB Bakal Mejeng di Pusat Perbelanjaan Malaysia 

NTB Mall akan buka gerai di Strand Mall Malaysia

Mataram, IDN Times - Produk lokal buatan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal mejeng di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia, Strand Mall. Nantinya, produk-produk UMKM NTB ini akan dijual melalui gerai NTB Mall.

NTB Mall merupakan e-commerce produk-produk UMKM unggulan NTB yang diluncurkan pada 17 Agustus 2020. NTB Mall juga memiliki offline store di Kantor Dinas Perdagangan NTB.

"Sementara yang akan bergerak ke sana (Strand Mall Malaysia) adalah NTB Mall. Jadi lebih mudah perizinan kalau atas nama NTB Mall,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah di Mataram, Senin (5/6/2023).

Salah satu pelaku UMKM NTB, Khairun Nisa mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang dan bangga produknya bisa dikenal oleh banyak orang. Dia juga merasa senang apabila nanti produknya ikut dipasarkan di gerai NTB Mall di Malaysia.

Nisa merupakan salah satu pelaku UMKM yang menjual kain tenun. Dia menjadi salah satu penenun di Desa Sukarara yang memang sudah dikenal sebagai pusat kerajinan di Lombok.

"Saya senang bahwa sekarang banyak orang yang sudah tahu tentang kain tenun NTB, terutama kain tenun Sukarara. Semoga kedepannya semakin banyak yang membeli," ujarnya.

1. Sudah teken kerja sama

Produk UMKM NTB Bakal Mejeng di Pusat Perbelanjaan Malaysia Bunda Niken membeli kerajinan tenun buatan Khairun Nisa (IDN Time/Linggauni)

Sementara itu, Niken menjelaskan bahwa pemasaran produk lokal yang dihasilkan UMKM NTB di pusat perbelanjaan di Malaysia dilakukan setelah penandatanganan kerja sama beberapa waktu lalu. Pusat perbelanjaan di Malaysia tersebut memang diperuntukkan untuk mempromosikan produk UMKM masing-masing provinsi di Indonesia.

“Namanya Strand Mall. Di sana memang menjual khusus produk UKM dari Indonesia,” tambah Niken.

Baca Juga: Sempadan Pantai Dibuatkan Sertifikat, Warga Demo Kantor Gubernur NTB 

2. Cari pasar untuk promosi

Produk UMKM NTB Bakal Mejeng di Pusat Perbelanjaan Malaysia Produk ekraf UMKM NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Istri Gubernur NTB Zulkieflimansyah ini menjelaskan bahwa Dekranasda NTB sedang mencari pasar untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di NTB. Dengan adanya kerja sama dengan salah satu pusat perbelanjaan di Malaysia itu, akan dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan produk khas NTB di pasar internasional.

Kerja sama dengan pusat perbelanjaan di Malaysia ini akan dimulai pada 2023. Dengan demikian, produk-produk UMKM NTB bisa lebih dikenal di luar negeri.

“Kita hanya membuat desain untuk toko yang akan diisi oleh produk UMKM NTB. Sedangkan untuk penjualannya akan di-handle oleh rekan kita di Malaysia,” tuturnya.

3. Jual produk ekraf hingga olahan makanan

Produk UMKM NTB Bakal Mejeng di Pusat Perbelanjaan Malaysia Ilustrasi produk UMKM. (Dok. IDN Times)

Nantinya, berbagai jenis produk UMKM NTB yang akan dipasarkan di Strand Mall. Mulai dari produk ekonomi kreatif (ekraf), produk olahan makanan dan lainnya. Dipastikan, produk yang dipasarkan di Malaysia sudah memenuhi standar.

Keberadaan gerai NTB Mall di pusat perbelanjaan Negeri Jiran itu akan mempermudah konsumen mendapatkan produk khas NTB. Dari sisi harga, dipastikan terjangkau dan sesuai kondisi pasar di Malaysia.

“Harganya juga sama tidak dinaikkan atau dikurangi. Nanti disesuaikan untuk biaya sesuai pasar Malaysia," terangnya.

Baca Juga: Dispar NTB Setuju Jumlah Sepeda Listrik Dibatasi di Gili Trawangan 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya