Harga Jagung di Bima Naik Jadi Rp5 Ribu Usai Didemo Warga Berhari-hari

Harga ini hanya berlaku hingga 31 Mei 2024

Bima, IDN Times - Harga jagung di wilayah Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) naik jadi Rp5 ribu per kilogram. Sebelumnya pada tingkat petani seharga Rp4,2 ribu per kilogram.

Kenaikan harga jagung ini setelah diusulkan oleh Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri ke Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI. Dia baru mengusulkan kenaikan harga setelah eskalasi unjuk rasa petani di sejumlah kecamatan meningkat.

1. Harga sebelum dikeluhkan petani

Harga Jagung di Bima Naik Jadi Rp5 Ribu Usai Didemo Warga Berhari-hariPara petani saat demo sorot harga jagung anjlok di Kantor Bupati Bima, Rabu (17/4/2024), (Dok/Istimewa)

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima, Suryadin yang dikonfirmasi membenarkan harga jagung dinaikkan Bapanas jadi Rp5 ribu per kilogram. Harga yang dibanderol sebelumnya banyak dikeluhkan petani, bahkan menuai aksi demonstrasi.

"Iya sudah naik jadi Rp5 ribu per kilogram untuk jagung dengan kadar air 15 persen. Harga ini naik setelah diusulkan bupati," katanya dikonfirmasi Jumat (26/4/2024).

Sementara jagung kadar air 20 persen seharga Rp4.725 dan kadar air 25 persen seharga Rp4.450 per kilogram. Kemudian untuk jagung dengan kadar air 30 persen dibanderol Rp4.200 per kilogram.

Baca Juga: Tuntut Lima Tersangka Dibebaskan, Mahasiswa Demo Polres Bima Kota

2. Berlaku hingga 31 Mei 2024

Harga Jagung di Bima Naik Jadi Rp5 Ribu Usai Didemo Warga Berhari-haridetik.com

Para petani diharapkan agar segera menjual jagung saat harga tinggi. Karena harga yang ditentukan Bapanas ini hanya berlaku mulai 25 April hingga 31 Mei 2024 mendatang.

"Harga yang sekarang sifatnya masih sementara, karena ketentuan harga harus ditindak lanjuti dan ditetapkan melalui peraturan badan pangan nasional (perbadan). Jadi prosesnya masih lama," terangnya.

Artinya, jika hingga 31 Mei nanti belum ditindak lanjuti dan ditetapkan melalui Perbadan, maka secara otomatis harga Rp5 ribu tidak berlaku lagi. Besar kemungkinan, harga jagung akan kembali pada angka semula yakni Rp4,2 ribu per kilogram.

"Kalau boleh, petani harus jual jagung dari sekarang semasih dengan harga tinggi," harapnya.

3. Akan bentuk Satgas awasi implementasi harga

Harga Jagung di Bima Naik Jadi Rp5 Ribu Usai Didemo Warga Berhari-hariFoto lima aktivis di Kecamatan Langgudu saat diamankan Polres Bima Kota (Dok/Istimewa)

Suryadin mengatakan, perihal kenaikan harga jagung akan ditindak lanjuti melalui surat edaran ke masing-masing perusahaan pembeli jagung yang beroperasi di Kabupaten Bima. Edaran tersebut rencananya akan segera diedarkan dalam waktu dekat.

"Nanti kami juga akan bentuk Satgas untuk melakukan pengawasan lapangan implementasi harga jagung," pungkasnya. 

Untuk diketahui, dampak harga jagung anjlok sebelumnya menuai banyak protes dari para petani. Mereka menggelar unjuk rasa diwarnai blokade jalan pada beberapa titik di sejumlah kecamatan.

Bahkan, dampak dari blokade jalan tersebut, lima orang warga di Kecamatan Langgudu ditangkap dan jadi tersangka. Kini, berkas perkaranya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima untuk diproses hukum lebih lanjut.

Baca Juga: 117 Warga Bima Digigit Anjing Suspek Rabies, 1 Orang Meninggal

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya