Gubernur NTB : Hati Boleh Panas, Tetapi Pikiran Harus Dingin

Semua pihak diimbau tetap tenang soal kasus ustaz mizan

Mataram, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah menjamin Provinsi NTB adalah daerah yang toleran di tanah air. Dia menyatakan bahwa moderasi keagamaan di NTB adalah sesuatu yang pasti.

"Sampai sekarang NTB adalah provinsi yang toleran, moderasi keagamaan di NTB juga terjamin keniscayaannya," kata Gubernur, Selasa (4/1/2022).

Belakangan diketahui adanya kemarahan masyarakat  dengan beredarnya potongan video ceramah yang diduga mendiskreditkan makam leluhur di Lombok. Hal ini dinilai memberikan suatu feedback agar ke depannya lebih berhati-hati dalam menyampaikan isi hati dan pikiran.

Sebelumnya, orang yang tidak dikenal melakukan penyerangan di Pondok Pesantren As-Sunnah, Kabupaten Lombok Timur. Penyerangan tersebut dikarenakan beredarnya cuplikan video dari seorang tokoh agama Ponpes As-Sunnah yang diduga ucapannya mendiskreditkan makam-makam keramat leluhur di Pulau Lombok sehingga menyebabkan amarah warga tersulut.

1. Ekspresikan pemikiran dengan santun

Gubernur NTB : Hati Boleh Panas, Tetapi Pikiran Harus Dinginpexels.com/@burst

Dalam hal ini, Gubernur Zul mengingatkan kepada seluruh masyarakat jika ingin menyampaikan pemikiran. Maka harus selalu sopan dan santun agar tidak menyinggung yang lain.

Mengingat dalam waktu dekat NTB akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional. Sehingga pikiran yang jernih memang harus diutamakan demi kebaikan bersama.

"Kita tentu punya pemikiran, namun dalam mengekspresikannya harus santun supaya tidak menyinggung yang lain," ujarnya.

Baca Juga: Cegah Gelombang Massa, Forkopimda NTB Sepakat Ustaz Mizan Diamankan

2. Pikiran harus tetap dingin dan jernih

Gubernur NTB : Hati Boleh Panas, Tetapi Pikiran Harus Dinginpixabay.com/republica

Mengingat NTB yang sebentar lagi menjadi tuan rumah berbagai event internasional, Gubernur Zul meminta masyarakat tetap menjaga kondusivitas daerah.

"Kami mengimbau ke semua masyarakat bahwa hati boleh saja panas, tapi pikiran harus tetap dingin dan jernih mengingat sebentar lagi NTB akan jadi tuan rumah international event," imbaunya.

3. Apresiasi Bupati Lombok Timur cepat redam kegaduhan

Gubernur NTB : Hati Boleh Panas, Tetapi Pikiran Harus Dinginfreepik

Ia juga mengapresiasi Bupati Lombok Timur dan jajaran karena kepiawaiannya dalam meredam kegaduhan yang terjadi. Selain itu, Bang Zul optimistis kasus tersebut secepatnya akan terselesaikan dengan baik.

"Kami harus memberikan apresiasi kepada Bupati Lombok Timur, Kapolres, tokoh agama. Sehingga kegaduhan ini bisa segera diredam. Oleh karenanya, tentu kami optimis masalah ini akan segera selesai," tutupnya.

Baca Juga: Kajian Ustaz Mizan Viral, Fasilitas Ponpes As-Sunnah Dirusak OTK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya