TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengadaan Motor Pekasih di Lombok Timur Tahun 2023 Ditiadakan

Tidak ada anggaran untuk pengadaan motor Pekasih

Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Lotim

Lombok Timur, IDN Times - Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur meniadakan pengadaan motor untuk para Pekasih. Hal itu karena terbentur anggaran.
 
Sekda Lombok Timur H M Junaidi Taufiq menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK), penggunaan APBD, khususnya Dana Alokasi Umum (DAU) penggunaannya tahun ini difokuskan pada pendidikan dan kesehatan. Sehingga belanja-belanja daerah yang bersifat bebas tahun ini dikurangi.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) penggunaan APBD tahun ini lebih difokuskan pada pendidikan dan kesehatan," ungkapnya, Kamis (2/2/2023)

Baca Juga: 25.796 Anak di NTB Menderita Gizi Buruk, Lombok Timur Terbanyak

1. Tahun ini, Pemkab Lotim fokus bayar utang

protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Lotim

Kata dia, Setelah dievaluasi dan mendapatkan kritik terkait rencana penggunaan APBD. Pada tahun ini, Pemkab Lombok Timur diminta untuk menyelesaikan utang-uutang yang ada di Bank NTB Syariah. 

Selain itu, berdasarkan arahan dari Kemendagri agar setiap daerah untuk menyelesaikan semua beban dan utang daerah di masa jabatan kepala daerah. Sehingga semua anggaran tahun ini direfocusing untuk menyelesaikan semua beban dan utang daerah, baik di Bank NTB Syariah maupun utang yang lain. 

"Tahun ini kita betul-betul merepocusing semua anggran untuk menyelesaikan semua beban dan hutang-hutang kita, dengan begitu tahun 2024 mendatang kita sudah terbebas dari utang," ujar dia.

2. Tingkatkan fiskal daerah

dokumen pribadi

Disebutkan pada tahun ini Pemkab Lombok Timur juga tengah fokus untuk meningkatkan celah fiskal setiap tahunnya. Sebab menurutnya, dana yang boleh dipergunakan secara bebas hanya dana yang bersumber dari PAD. 

Program-program kerja yang tertunda pada tahun ini akan diusahakan untuk diselesaikan pada tahun 2024 mendatang, termasuk pengadaan motor untuk Pekasih ini.

"Karena yang boleh kita gunakan secara bebas itu adalah PAD. Kalau dana transfer ini apalagi DAK dan DAU sudah ada fokus penggunaannya, jadi kita tidak bisa mengalihkannya ke hal-hal yang lain," bebernya.

Baca Juga: Harga Beras di Lombok Timur Merangkak Naik

Verified Writer

supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya