TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kombinasi Maraqit dan NW Berpotensi Dulang Suara di Pilkada Lotim

Kombinasi pasangan muda dengan politisi kawakan

DR. TGKH. Hazmi Hamzar dan TGKH. Haerul Fatihin (sergapye.com)

Lombok Timur, IDN Times - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, sejumlah bakal calon bupati dan wakil bupati Lombok Timur (Lotim) terus melakukan komunikasi dan konsolidasi politik. Tujuannya untuk mencari pasangan ideal dalam menghadapi kontestasi yang digelar pada November 2024 nanti. 

Salah satu pasangan yang dinilai cukup ideal dan berpotensi bisa mendominasi pada Pilkada Lotim yaitu koalisi ormas Islam terbesar di Nusa Tenggara Barat, Nahdlatul Wathan (NW) dengan Maraqittaqlimat. Jika koalisi tersebut bisa terwujud, diprediksi bakal calon yang diusung bisa memenangkan kontestasi dengan mudah.

1. Pasangan yang saling melengkapi

Analis Politik Universitas Islam Negeri Mataram, Dr Ihsan Hamid mengatakan, jika koalisi NW dan Maraqit terwujud dan resmi daftar ke KPUD, maka koalisi ini berpeluang memenangkan pertarungan dalam merebut posisi pimpinan.

Dari sisi figur nama, TGH Hazmi Hamzar dan TGH Fatihin dikenal cukup luas oleh jemaah masing-masing. Ini merupakan nilai tambah yang tidak dimiliki bakal calon lain.

"Saya kira paslon ini tdak bisa diremehkan karena masing-masing saling melengkapi dengan basis pemilih yang dikenal cukup loyal. Selain itu, pasangan ini juga merepresentasikan kombinasi pasangan muda dan dari kalangan politisi mapan yang kaya pengalaman," ungkapnya. 

Baca Juga: KPU NTB: Tak Ada Calon Perseorangan Maju Pilgub 2024

2. Siap berkoalisi dengan NW

Pimpinan yayasan Maraqittaqlimat Lotim, Dr TGH. Hazmi Hamzar, telah menyatakan diri maju mencalonkan diri jadi Bupati Lotim. Dirinya siap menjalin koalisi dengan NW, dan juga siap berpasangan dengan siapa pun calon yang akan diusung organisasi Islam terbesar di NTB tersebut.

“Siapa pun calon yang diusung NW, kami siap untuk dipasangkan, termasuk Tuan Guru H Hairul Fatihin,“ ujarnya.

Hazmi Hamzar mengatakan sebelum berikhtiar maju pada pemilihan kepala daerah, dirinya sudah membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik. Termasuk telah mengantongi rekomendasi dari PPP. Sehingga ia yakin dan optimistis, bakal melenggang maju dan mendaftar di KPU.

"Saya sudah membangun komunikasi dengan sejumlah pengurus dewan pimpinan pusat partai politik di Jakarta dan yang ada di daerah, InsyaAllah kita akan mendapat rekomendasi partai lain," harapnya.

Soal hitungan politik sudah diperhitungkan, terlebih dengan pengalamannya pernah menjadi tim sukses pada pemilihan presiden, gubernur NTB hingga bupati. Sebagai politisi senior dan 8 periode menjadi anggota DPRD NTB, maka dirinya sudah bisa menghitung tingkat keterpilihannya saat diberi amanah masyarakat maju di Pilbup Lotim.

"Insya Allah kita maju untuk menang,“ pungkasnya. 

Berita Terkini Lainnya