M Yusri dari Partai Gerindra Terpilih sebagai Ketua DPRD Lotim

Wakil ketua dari PAN, PKS dan NasDem

Lombok Timur, IDN Times - Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur (Lotim) periode 2024-2029 menggelar rapat paripurna II masa sidang 1 tahun 2024 yang pada Selasa (17/9/24). Dalam rapat tersebut, telah ditetapkan 4 unsur pimpinan dewan.

Keempatnya telah ditetapkan dan tinggal dilantik setelah mendapatkan SK dari bupati dan gubernur. Selain menetapkan unsur pimpinan, dalam rapat paripurna tersebut juga telah menetapkan pengurus fraksi partai. Dalam rapat itu juga M Yusri dari fraksi Partai Gerindra didapuk sebagai Ketua DPRD Lotim pada periode ini.

1. Sudah definitif dan tinggal menunggu SK

M Yusri dari Partai Gerindra Terpilih sebagai Ketua DPRD LotimKetua DPRD Lotim sementara, M. Yusri saat memimpin sidang paripurna (IDN Times/Ruhaili)

Empat nama unsur pimpinan dewan yang telah ditetapkan yaitu Ketua dijabat oleh M. Yusri dari Partai Gerindra, Wakil Ketua I dari Partai Amanat Nasional (PAN) yaitu Wais Alqarni, Wakil Ketua II dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yaitu Abdul Halid dan Wakil Ketua III dari Parai Nasdem yaitu Nurhasanah. 

Keempat nama tersebut tinggal menunggu untuk dilantik. Karena secara prosedur syarat dan kelengkapan telah terpenuhi, yaitu telah menerima surat penunjukan dari DPP partai masing-masing, termasuk rekomendasi dari DPC dan DPD. 

"Sudah ditetapkan dan sudah definitif, tinggal menunggu bersurat ke Bupati dan Gubernur untuk mendapatkan SK," ungkap Ketua DPRD Lotim Sementara M. Yusri. 

Baca Juga: Lima Paslon pada Pilkada Lotim Dinyatakan Memenuhi Syarat Administrasi

2. Telah tetapkan 8 fraksi

M Yusri dari Partai Gerindra Terpilih sebagai Ketua DPRD LotimAnggota DPRD Lotim saat mengikuti rapat paripurna (IDN Times/Ruhaili)

Selain menetapkan 4 unsur pimpinan, dalam rapat paripurna tersebut juga telah ditetapkan sebanyak 10 fraksi yang terdiri dari 8 fraksi partai dan 2 fraksi partai gabungan beserta pengurusnya. Kedelapan fraksi tersebut yaitu : 

  1. Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  2. Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN)
  3. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Fraksi Nasional Demokrat (NasDem)
  5. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  6. Fraksi Partai Persatuan Rakyat yaitu gabungan PPP Gelora dan hanura. 
  7. Fraksi partai Demokrasi Bintang Perjuangan gabungan dari PDIP dan PBB
  8. Fraksi Persatuan Indonesia (Perindo)
  9. Fraksi Golkar (Golongan Karya)
  10. Fraksi Partai Demokrat

3. Selanjutnya akan membentuk komisi

M Yusri dari Partai Gerindra Terpilih sebagai Ketua DPRD LotimAnggota DPRD Lotim saat mengikuti rapat paripurna (IDN Times/Ruhaili)

Setelah fraksi dibentuk dan unsur pimpinan telah ditetapkan, selanjutnya DPRD Lombok Timur, akan membentuk alat kelengkapan dewan lainnya yaitu Komisi. Komisi ini sebut Ketua DPRD Lotim sementara M. Yusri akan segera dibentuk dalam waktu dekat. 

"Setelah menetapkan unsur pimpinan dan pembentukan fraksi, selanjutnya para fraksi ini akan kita kumpulkan untuk membahas pembentukan komisi," tutup Yusri.

Baca Juga: 465 Pelamar CPNS Pemprov NTB Terpental di Seleksi Administrasi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya