TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Cagub NTB Lalu Iqbal, Orang Praya yang Jadi Diplomat Kemlu

Pernah menjadi Duta Besar RI untuk Turki

Cagub NTB Lalu Muhamad Iqbal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) NTB 2024. Salah satunya adalah bakal pasangan Cagub dan Cawagub NTB Lalu Muhamad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri alias Iqbal-Dinda.

Pasangan Iqbal-Dinda diusung 10 partai politik, di antaranya Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Prima dan Partai Garuda.

Lalu seperti apa sosok Cagub NTB yang biasa dipanggil Miq Iqbal ini. Berikut IDN Times merangkum riwayat pendidikan dan perjalanan karier mantan Duta Besar RI untuk Turki tersebut.

1. Lahir dari keluarga petani

Lalu Muhamad Iqbal lahir tahun 1972 di kampung Ketejer, Praya, Lombok Tengah dari keluarga Tuan Guru dan petani. Ayahnya Drs. H. Lalu Ma’ruf Misbah dan Ibunya Ir. Alimah sangat menikmati aktivitas bertani dan lebih senang disebut petani.

Lalu Iqbal memiliki istri bernama Sinta Agathia Soedjoko dan 2 orang anak. Lalu Iqbal menyelesaikan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Praya Lombok Tengah.

Pada usia 14 tahun, ia memulai perantauan di Pulau Jawa. Lalu Iqbal menyelesaikan studi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Surakarta, Jawa Tengah tahun 1991.

2. Dapat gelar doktor ilmu politik di Universitas Bucharest Romania

Setelah itu, Lalu Iqbal melanjutkan studi S-1 Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan jurusan arsitektur Universitas Islam Indonesia.

Kemudian S-2 Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Lalu Iqbal kemudian melanjutkan studi S3 Ilmu Politik dan Kajian Strategis Universitas Bucharest, Romania. Lalu Iqbal juga menyelesaikan beberapa studi non-gelar di Universitas Hiroshima, Jepang, dan Universitas PBB di Tokyo.

Berita Terkini Lainnya