TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertama dalam Sejarah, Jalur Menuju Sirkuit Mandalika Macet Parah

Pengendara mengeluh kemacetan terlampau panjang

Kemacetan menuju Sirkuit Mandalika tepatnya di Jalan Bypass BIL - Mandalika, Maret 2022. (IDN Times/Istimewa)

Lombok Tengah, IDN Times - Pertama kali dalam sejarah, jalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terjadi kemacetan parah. Kemacetan itu terjadi di jalan menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit, tempat berlangsungnya Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

"MotoGP Mandalika ini memang luar biasa, tumben-tumbennya dalam sejarah di Lombok jalanan macet," kata Ervin, salah seorang karyawan perusahaan konstruksi yang sering melintas di jalan itu, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Marc Marquez Terpental Dua Kali di Tanah Sengketa Sirkuit Mandalika

1. Jumlah kendaraan meningkat tajam

Kemacetan parah menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Kemacetan yang terjadi di jalur menuju Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022), terjadi mulai dari Jalan Bypass di Batujai Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah hingga Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto mengatakan kemacetan yang terjadi akibat jumlah kendaraan menuju arena MotoGP meningkat sangat tinggi.

Dominasi kendaraan itu adalah kendaraan pribadi berupa kendaraan roda dua dan roda empat. Selain itu, ada pula bus yang mengantar para penonton MotoGP ke Sirkuit Mandalika.

2. Kemacetan sudah diprediksi

kemacetan parah menuju Sirkuit Mandalika (Dok. Polda NTB)

Kemacetan yang terjadi, kata Artanto, sudah diprediksi oleh kepolisian. Karena jumlah kendaraan yang dalam jumlah besar akan datang secara bersamaan.
Sehingga berakibat menimbulkan kemacetan.

"Polisi sudah melakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan tersebut," jelasnya.

Meski demikian, salah satu pengguna jalan mengeluhkan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus yang dilakukan oleh petugas. Salah satu pengendara bernama Jin mengeluhkan pengalihan arus yang dianggap kurang efektif.

"Yang parkir barat diarahkan lewat jalur kuta, belok kanan di bundaran eh ternyata lewat pasar. Tambah macet di pasar," ujarnya.

Baca Juga: Absen Race Pamungkas MotoGP Mandalika, Marc Marquez Geger Otak

Berita Terkini Lainnya