TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peringkat 80 Nasional, Ketua IKA Unram: Minimal Harus Masuk 20 Besar 

Unram harus tingkatkan SDM dan perangkat pengajaran

Ketua IKA Unram Hj Baiq Isvie Rupaeda. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - 4 International College and Universities (4ICU) UniRank merilis universitas terbaik di dunia, termasuk di Indonesia tahun 2022. Universitas Mataram (Unram) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbesar di NTB, berada di peringkat 80 nasional dan peringkat 4.567 dunia versi UniRank 2022.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unram, Hj. Baiq Isvie Rupaeda menanggapi soal peringkat Unram yang berada di posisi 80 nasional. Ia berharap, Unram harus mampu masuk 10 besar atau minimal 20 besar universitas terbaik di Indonesia.

"Tentu kita berharap kalau di NTB memang yang terbaik. Tapi di luar NTB, kita berharap naik peringkatnya. Kalau tak bisa 10 besar, minimal 20 besar nasional," kata Isvie dikonfirmasi di Mataram, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di NTB Versi UniRank 2022 

1. Peringkat Unram masih jauh dari harapan

kampuscenter

Dengan peringkat 80 nasional Versi UniRank 2022, kata Isvie, posisi Unram memang masih jauh dari harapan. Untuk itu, Ketua DPRD NTB ini mendorong agar dilakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan seluruh perangkat pengajaran.

"Kita dorong untuk peningkatan peringkatnya Universitas Mataram jauh lebih baik. Peningkatan SDM dosen, tenaga pengajarnya terutama dan seluruh perangkat untuk memberikan pengajaran, itu belum tersedia dengan baik. Bagaimana kesiapan dosen, guru besarnya dan mahasiswanya," ujar Isvie.

2. Tak jadi halangan naik peringkat

Gedung Rektorat Universitas Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Isvie mengatakan kondisi Unram saat ini tidak menjadi halangan untuk naik peringkat. Untuk itu, ia meminta dilakukan peningkatan sumber daya manusia dan fasilitas penunjangnya.

Ia juga mendukung pembangunan kampus II Universitas Mataram (Unram) di Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat. Kampus II Unram rencananya akan dibangun pada lahan seluas 441 hektare. "Itu dalam proses pembahasan dan DPRD NTB mendukung," tandasnya.

Baca Juga: Saingi Produk Cina, NTB Siapkan Sepeda Listrik Buatan Lokal 

Berita Terkini Lainnya