TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Turun Tangan, Jenazah TKW Asal Loteng Tertahan di Jakarta 

Surati Pemda Loteng tapi tak ada jawaban

Ilustrasi korban meninggal. (IDN Times/Mardya Shakti)

Mataram, IDN Times - Jenazah Tenaga Kerja Wanita (TKW) atas nama Baiq Azmiatun tertahan di Kargo Serang. Penguriman jenazah TKW asal Mawun Desa Tumpak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah itu tertahan karena persoalan biaya kargo jenazah almarhumah dari Jakarta - Lombok.

Kepala Desa Tumpak, Rosadi telah bersurat ke Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng) meminta bantuan tiket pemulangan jenazah almarhumah dari Jakarta - Lombok. Namun hingga Selasa (5/7/2022), belum ada jawaban dari Pemda Lombok Tengah.

Baca Juga: Pencarian TKI NTB Korban Kapal Tenggelam di Batam Dihentikan 

1. Pemprov NTB turun tangan

Kepala Dinsos Provinsi NTB, Ahsanul Khalik (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Ahsanul Khalik di Mataram, Sekasa (5/7/2022) menjelaskan Pemprov NTB turun tangan mengatasi persoalan tersebut. Sesuai arahan Gubernur NTB Zulkieflimansyah kepada Dinas Sosial untuk menindaklanjuti surat dari Kepala Desa Tumpak Kecamatan Pujut, Loteng, untuk segera mencarikan solusi terkait pemulangan jenazah TKW yang tertahan di Kargo Serang.

Gubernur meminta Dinas Sosial berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi NTB. "Karena biaya kargo pengiriman jenazah almarhumah dari Jakarta ke Lombok, sampai pagi Selasa 5 Juli 2022, belum ada jawaban dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah," terangnya.

2. Baznas Provinsi NTB bersedia biayai kepulangan jenazah Jakarta - Lombok

Pekerja sosial berkoordinasi dengan BAZNAS Provinsi NTB untuk membiayai pemulangan jenazah TKW asal Loteng dari Jakarta -. Lombok. (Dok. Disos NTB)

Selanjutnya, Pekerja Sosial Dinas Sosial NTB melakukan koordinasi dengan Baznas Provinsi NTB dan UPT BP2MI NTB beserta Sekretaris Desa Tumpak dan keluarga TKW yang meninggal dunia di Arab Saudi. TKW asal Loteng Baiq Azmiatun, sudah sering bolak-balik ke Timur Tengah dan 3 tahun terahir ini mengalami sakit sesak dan meninggal dunia di Arab Saudi pada awal bulan Juni 2022.

Hasil koordinasi, kata Khalik, pihak Baznas Provinsi NTB bersedia untuk memfasilitasi dan membiayai kepulangan jenazah almarhumah yang saat ini tertahan di Kargo Serang. Baznas Provinsi NTB akan membelikan tiket kargo kepulangan jenazah almarhumah untuk hari Rabu, 8 Juli 2022 dan langsung akan diantar dengan ambulans Baznas Provinsi NTB menuju rumah duka.

Baca Juga: Ayah Perkosa Dua Anak Kandungnya di Lombok Dituntut 15 Tahun Penjara

Berita Terkini Lainnya