TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kota Mataram Ditunjuk sebagai Tuan Rumah Muktamar IDI 2025

IDI beberkan alasan gelar muktamar di Kota Mataram

Kota Mataram ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan Muktamar IDI ke-32 pada 12 - 15 Februari 2025. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) resmi menetapkan Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah Muktamar IDI ke-32 yang akan berlangsung pada 12 hingga 15 Februari 2025.

Acara ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 2.500 dokter dari seluruh penjuru Tanah Air untuk membahas dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) organisasi serta pedoman tata laksana dan kebijakan strategis nasional.

1. Monumental fondasi baru bagi IDI

Ketua Umum PB IDI Dr dr Moh Adib Khumaidi SpOT menyatakan, muktamar ini akan menjadi perhelatan monumental yang akan membentuk fondasi baru bagi IDI.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan IDI lebih baik, profesional, dan modern. Ini adalah kesempatan untuk beradaptasi dengan perkembangan dan tantangan dalam dunia kesehatan," katanya dalam konferensi pers virtual pada Sabtu, 21 September 2024.

Tema yang diusung pada muktamar kali ini adalah "Membangun Soliditas Dalam Beradaptasi Untuk Mewujudkan Profesi Kedokteran Indonesia yang Berkemajuan." Adib berharap tema ini akan memperkuat rasa persatuan dan kerja sama di antara para profesional medis di Indonesia, sekaligus mempromosikan budaya inovasi dalam menghadapi perubahan di sektor pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Atlet Voli Pasir NTB Ade/Sofyan Raih Emas di PON Aceh-Sumut 2024

2. Arti penting diskusi muktamar IDI di NTB

kolaborasi Sharp x IDI mengenai Polusi Udara Dalam Ruangan (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Ketua Panitia Pelaksana Nasional Muktamar IDI ke-32 dr Telogo Wismo Agung Durmanto menekankan pentingnya diskusi dalam muktamar ini. "Ini bukan hanya pertemuan, tetapi juga platform untuk berbagi pengetahuan dan menghadapi tantangan yang dihadapi profesi medis di Indonesia," jelasnya. 

Pemilihan Kota Mataram sebagai lokasi muktamar ini diakui sebagai kebanggaan bagi IDI Wilayah NTB dan IDI Cabang Kota Mataram. Dr. Lalu Ahmad Syarif, Ketua Panitia Pelaksana Daerah, mengatakan, "Keramahtamahan masyarakat Mataram akan menjadi prinsip penting dalam menyambut tamu yang hadir."

Selain membahas isu-isu terkini dalam bidang kesehatan, Muktamar IDI juga akan diisi dengan simposium ilmiah, diskusi panel, dan lokakarya mengenai inovasi medis, kebijakan pelayanan kesehatan, dan pengembangan profesional. Acara ini juga akan menjadi ajang pameran perkembangan terbaru dalam bidang kesehatan, memberikan peluang kolaborasi antara pelaku industri dan para profesional medis.

Berita Terkini Lainnya