Tim SAR Perpanjang Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung Rinjani

Pencarian sampai hari kesembilan masih nihil

Mataram, IDN Times - Kantor SAR Mataram memperpanjang pencarian terhadap Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia, Mordovina Alexandra (44), yang hilang di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hingga hari kesembilan pencarian, korban belum ditemukan.

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta telah meminta agar pencarian warganya diperpanjang. “Kami telah mengadakan rapat evaluasi dengan semua instansi terkait dalam pelaksanaan operasi pencarian. Dari hasil evaluasi, kami memutuskan untuk melanjutkan pencarian,” ungkap Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Mataram Saidar Rahmanjaya, Sabtu (21/9/2024).

1. Fokus pencarian di Gunung Sangkareang Rinjani

Tim SAR Perpanjang Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung RinjaniProses pencarian WNA Rusia yang hilang di Gunung Rinjani. (dok. SAR Mataram)

Saidar menjelaskan bahwa pihaknya telah menyusun rencana operasi pencarian berdasarkan evaluasi yang dilakukan. Tim SAR gabungan diberangkatkan pada Sabtu pagi menuju Pos 3 Jalur Pendakian Senaru, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pelawangan Senaru.

Pencarian akan difokuskan di wilayah Gunung Sangkareang Rinjani, menggunakan metode manual dan drone.

“Kami sudah menyiapkan koordinat untuk pencarian, salah satunya mengarah ke wilayah Propok dan satu lagi ke Gunung Setampol,” jelasnya.

Baca Juga: Kontingen NTB Gagal Capai Target 20 Emas di PON 2024

2. Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran ulang

Tim SAR Perpanjang Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung RinjaniWisata Sembalun di kaki Gunung Rinjani. (IDN Times/Linggauni)

Pada hari ketiga pencarian, tim akan melakukan penyisiran ulang dari Pelawangan Senaru, baik secara manual maupun menggunakan drone. “Kami juga akan menyisir wilayah Gunung Setampol sesuai prediksi tim,” imbuhnya.

Hingga hari kesembilan pencarian, hasilnya masih nihil. Diharapkan hari ini akan ditemukan titik terang mengenai keberadaan korban. “Kami akan berusaha melakukan penyisiran sebaik mungkin. Semoga ada perkembangan positif hari ini,” harap Saidar.

3. Kronologi hilangnya korban

Tim SAR Perpanjang Pencarian WNA Rusia yang Hilang di Gunung RinjaniProses pencarian WNA Rusia yang hilang di Gunung Rinjani. (dok. SAR Mataram)

Pencarian terhadap Mordovina dimulai sejak Jumat (13/9/2024), namun hingga Sabtu (21/9/2024), korban belum juga ditemukan. Kantor SAR Mataram telah mengerahkan personel untuk mencari WNA Rusia tersebut, yang diduga hilang saat mendaki Gunung Rinjani.

Korban tidak berada di penginapannya di Senaru Lombok Utara sejak 30 Agustus 2024. Tim gabungan yang terdiri dari Balai TNGR, TNI, Polri, porter, serta rekan-rekan korban telah dikerahkan untuk membantu pencarian.

Dwi Pangestu, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai TNGR, menjelaskan bahwa tim pencarian melibatkan beberapa WNA Rusia dan satu WNA Ukraina. “Korban tidak terdaftar dalam aplikasi e-Rinjani untuk pendakian ke Gunung Rinjani,” ujarnya.

Berdasarkan informasi awal, korban hilang dari penginapannya. Dia datang sendirian menggunakan sepeda motor dan tidak memberi tahu pemilik penginapan bahwa dia akan mendaki. “Pada jam 11 siang, kamarnya sudah kosong dan barang-barangnya tidak ada,” tambah Dwi.

Meski demikian, diduga kuat korban melakukan pendakian ke Gunung Rinjani karena lokasi penginapannya yang dekat dengan jalur pendakian. Dwi menekankan bahwa wisatawan asing diwajibkan terdaftar di aplikasi e-Rinjani dan menggunakan trekking organizer, guide, serta porter saat mendaki.

Baca Juga: Aliran Selokan Mataram Dimatikan Mulai Bulan Depan, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya