TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bahan Bakar Motor Pembalap MotoGP Telah Tiba di Sirkuit Mandalika

Lima pesawat kargo akan angkut logistik MotoGP ke Lombok

MotoGP Mandalika 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir))

Mataram, IDN Times - Logistik balap MotoGP 2024, sebagian sudah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Logistik yang sudah tiba berupa oli dan bahan bakar motor pembalap MotoGP.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan logistik MotoGP diangkut menggunakan jalur udara atau pesawat dan jalur laut. Logistik MotoGP yang telah tiba, diangkut dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat. Selanjutnya, logistik tersebut diangkut ke Sirkuit Mandalika.

"Logistik MotoGP sudah datang dari Surabaya lewat laut. Berupa barang-barang yang tidak boleh dibawa menggunakan pesawat. Barang berbahaya seperti oli dan bensin (bahan bakar motor pembalap) sudah datang lewat laut. Malah sebagian sudah sampai di Sirkuit Mandalika. Kontainernya sudah ada," ungkap Priandhi di Mataram, Kamis (5/9/2024).

1. Total logistik MotoGP seberat 450 ton

Priandhi menyebutkan total logistik MotoGP seberat 450 ton. Dari jumlah logistik sebanyak itu, 75 ton dibawa lewat jalur laut sedangkan sisanya lewat jalur udara atau melalui Bandara Internasional Lombok.

Untuk logistik MotoGP yang dibawa melalui jalur udara, akan diangkut menggunakan lima pesawat kargo. Logistik yang dibawa lewat udara berupa motor pembalap dan barang-barang yang digunakan untuk balapan di Sirkuit Mandalika.

"Jadi baru dikirimkan dari luar negeri ke Indonesia pada Senin dan Selasa, tanggal 24 dan 25 September lewat Bandara Internasional Lombok sebanyak lima pesawat charter," jelasnya.

Baca Juga: Polda NTB Siapkan 3.000 Personel Amankan MotoGP Mandalika 2024

2. Jadwal kedatangan pembalap MotoGP

Untuk kedatangan para pembalap MotoGP, kata Priandhi, diperkirakan pada Senin - Rabu, 24 - 26 September 2024. Karena 10 pembalap MotoGP dipastikan akan mengikuti parade dan bertemu fans di Kota Mataram.

Para pembalap akan berkeliling melakukan parade mulai dari Lapangan Sangkareang sampai Teras Udayana, Kota Mataram.

"Schedule-nya top 10 pembalap MotoGP ikut parade tanggal 25 September. Jadi sebelum hari Rabu, 10 pembalap MotoGP sudah ada di Mandalika," ucapnya.

Sebelum menggeber motor di Sirkuit Mandalika pada Jumat - Minggu, 27 - 29 September 2024, biasanya para pembalap akan melakukan inspeksi kendaraan.

"Jadi, antara Senin sampai Rabu mereka datang ke Indonesia. Beberapa pembalap teratas sudah terkonfirmasi ikut parade di Kota Mataram," tandasnya.

Berita Terkini Lainnya