Comscore Tracker

Resep Sate Rembige Khas Lombok Super Enak untuk Berbuka Puasa

Bahan mudah didapatkan, proses pembuatan tak lama

Siapa yang tidak kenal dengan Lombok, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini dikenal sebagai destinasi wisata terpopular di Indonesia. Bagaimana tidak, Lombok merupakan salah satu pulau yang menyajikan pemandangan alam yang sangat memukau.

Selain adanya destinasi wisata menarik, di Lombok juga tidak lupa terdapat berbagai wisata kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Lombok. Ada banyak sekali wisata kuliner di Lombok yang wajib dicoba, salah satunya sate Rembige kha Lombok. Untuk mengenal tentang sate rembige ini mari simak penjelasan berikut.

1. Mengenal Sate Rembige

Resep Sate Rembige Khas Lombok Super Enak untuk Berbuka PuasaInstagram.com/ietha_pani

Sate Rembige adalah salah satu kuliner khas Lombok. Sate ini menjadi salah satu kuliner terpopular di Lombok karena hampir semua wisatawan yang berkunjung ke pulau ini selalu menyempatkan diri mencicipi Sate Rembige.

Untuk mencicipi sate ini di Lombok, kamu tidak perlu susah-susah mencarinya. Pasalnya, saat kamu tiba di Lombok, kuliner khas satu ini bisa kamu temukan di sepanjang pinggir jalan kota Lombok. Namun, ada salah satu penjual Sate Rembige terkenal di Lombok milik Ibu Sinnaseh.

Warung Ibu Sinnaseh menjual Sate Rembige yang cukup terkenal di kalangan para wisatwan. Letaknya di Jalan Rembiga No. 4, Mataram, Nusa Tenggara barat.

Baca Juga: Cara Membuat Jaje Tareq Atau Jaje Goro Khas Lombok

2. Cita Rasa Sate Rembige

Resep Sate Rembige Khas Lombok Super Enak untuk Berbuka PuasaSate Rembiga. (instagram.com/eathappened)

Sebagai daerah yang terkenal ternak sapinya, maka Nusa Tenggara Barat diberi julukan Bumi Sejuta Sapi. Sapi yang terdapat di Nusa Tenggara Timur memiliki ciri khas dan kelezatan yang berbeda dibandingkan dengan ternak sapi di daerah lainnya.

Sebelum dibakar menjadi sate, daging sapi pertama-tama ditumbuk sampai empuk. Kemudian setelah itu direndam dengan rempah-rempah racikan seperti cabe merah, bawang putih, terasi, dan gula merah, kemudian diamkan selama 2 jam.

Tujuan dari didiamkan selama 2 jam ini adalah agar bumbu tersebut bisa meresap ke dalam daging sapi tersebut. Setelah 2 jam, tiriskan daging dan tusuk ke dalam kayu sate dan dibakar sampai matang.

Bumbu dalam rendaman sebelumnya adalah yang terpenting dalam sate rembige. Pasalnya, bumbu itulah yang akan memberikan cita rasa tersendiri pada daging satenya. 

Saat disajikan, sate rembie tidak lagi dilengkapi dengan bumbu apapun. Rasanya sudah menghasilkan rasa manis dan pedas di lidah. Tekstur dagingnya sangat empuk meski tidak dilengkapi dengan bumbu-bumbu apapun. Sehingga rasa dagingnya sudah kuat tanpa adanya bumbu.

3. Penyajian Sate Rembige

Resep Sate Rembige Khas Lombok Super Enak untuk Berbuka Puasainstagram.com/fiyash

Sate rembige disajikan dengan lontong bulayak. Lontong bulayak ini adalah lontong yang dibungkus dengan daun aren memutar ke atas hingga bagian ujungnya lancip berbentuk kerucut. Dan biasanya Sate Rembige ini dinikmati bersama lontong bulayak.

Selain lontong bulayak, sate rembige juga seringkali disajikan dengan nasi puth. Hal ini tergantung dengan keinginan pembeli. Ditambah dengan es yang segar menambah kenikmatan dalam menikmati sajian ini.

Harga Sate Rembige per tusuknya hanya Rp. 9.000 saja. Namun harga tersebut bisa saja berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Untuk membuat sate rembige sendiri dirumah, pertama-tama siapkan bahan sebagai berikut:

-Daging sebanyak 500 gram
-Tusuk sate secukupnya
-Kecap manis
-Bawang merah
-Bawang putih
-Cabe merah besar
-Cabe merah keriting
-Cabe rawit
Merica butir
--Terasi secukupnya
-Gula merah
-Garam secukupnya

Berikut merupakan langkah-langkah membuat sate rembige:

-Potong daging dan tumbuk, kemudian rendam dalam air yang sudah dibumbui selama 2 jam
-Setelah itu tusuk dalam bentuk sate
-Bakar hingga matang
-Sajikan 

Itulah resep atau cara membuat Sate Rembige khas Lombok. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Beberuq Terong Khas Lombok untuk Menu Buka Puasa

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya