Comscore Tracker

Cara Membuat Dodol Rumput Laut Khas Lombok

Disertai dengan info manfaat rumput laut

Mataram, IDN Times - Dodol rumput laut adalah ikon oleh-oleh dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ini adalah oleh-oleh wajib yang dibawa oleh wisatawan saat meninggalkan Pulau Lombok.

Tekstur dodol kenyal, agak keras di gigi dan rasanya asam manis di lidah. Ada banyak varian rasa seperti sirsak, semangka, nangka, labu siam, tomat dan lain-lain. Berikut cara membuat dodol rumput laut khas Lombok.

1. Harga dodol rumput laut

Cara Membuat Dodol Rumput Laut Khas Lombokdodol rumput laut (instagram.com/cityculinary)

Bahan bakunya sebenarnya adalah tepung rumput laut yang dicampur dengan gula dan buah segar. Makanan ini mengandung serat dan karbohidrat yang cocok untuk hidangan penutup setelah makan siang. 

Kemasannya bervariasi mulai dari keranjang bambu, pot mika dan kotak kertas. Harga kotak kertas mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per kotak dengan berat kurang lebih 200 gram.

Banyak toko di Lombok menjual dodol rumput laut. Jika masuk ke toko oleh-oleh, dodol rumput laut pasti menjadi produk utama yang ditawarkan.

Baca Juga: Keren! Ada Festival Memancing Belut di Lombok Timur, Hadiahnya Jutaan

2. Bahan dan cara membuat

Cara Membuat Dodol Rumput Laut Khas Lombokdodol rumput laut (instagram.com/queenshopmagenta)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dodol rumput laut khas Lombok:
-1 kg Rumput laut
-800 gram Gula pasir
-200 gram Tepung ketan
-Santan kelapa
-Garam secukupnya
-Essence kurang lebih 2 sendok makan
-Vanilli
-Tepung terigu

Cara membuat dodol rumput laut khas Lombok:
-Langkah awal pembuatan dodol ini adalah dengan merendam rumput laut kering  dalam larutan kapur selama satu hari satu malam dengan tiga kali pergantian air. Larutan kapur ini dimaksudkan untuk membersihkan alga.
-Kemudian hancurkan menggunakan blender untuk membuat pasta rumput laut.
-Kemudian rebus tepung beras ketan dengan santan di atas api. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur.
-Setelah mendidih, tambahkan pasta rumput laut ke dalam campuran tepung ketan sambil diaduk hingga rata (sekitar 2 jam). 
-Sambil diaduk, tambahkan gula, garam, dan esens. Gula berfungsi sebagai pemanis, sedangkan garam sebagai penambah  rasa, dan esens untuk memberi aroma dan rasa. 
-Tuang adonan yang sudah matang  ke dalam panci kecil yang dilapisi plastik. 
-Biarkan dingin selama sekitar 1 jam dan kering. 
-Potong sesuai  selera dan dodol siap dihidangkan.

3. Manfaat rumput laut bagi kesehatan

Cara Membuat Dodol Rumput Laut Khas LombokDodol Rumput Laut (instagram.com/phoenixfood_online)

Kabar gembira bagi yang sedang mencari pengobatan untuk kanker payudara. Ada penelitian yang  menunjukkan bahwa rumput laut dapat mengatur kadar estrogen. 

Dengan demikian, risiko  kanker payudara berkurang. Namun, perlu diingat bahwa ini tidak berarti bahwa rumput laut dapat menyembuhkan berbagai penyakit  atau menawarkan perlindungan terhadap penyakit.

Kandungan kalsium pada rumput laut dapat menggantikan alergi. Kekurangan kalsium dapat berdampak pada otot dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.  Dapat dikatakan bahwa mengonsumsi makanan olahan dengan rumput laut sangat baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

Rumput laut mengandung asam lemak omega 3 untuk meningkatkan kolesterol baik atau disebut HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau biasa disebut LDL.

Ada beberapa jenis rumput laut yang dapat membantu metabolisme tubuh  mengubah lemak menjadi energi. Studi menunjukkan bahwa serat alami yang ditemukan dalam ganggang coklat dapat membantu memblokir penyerapan lemak di usus.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui tentang Dodol Rumput laut khas Lombok. Jika belum sempat ke Lombok, boleh mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah dengan resep di atas.

Baca Juga: 7.978 Kamar Hotel dan Penginapan di Lombok Belum Dipesan saat MotoGP 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya