Comscore Tracker

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTB

Ada sate ikan hingga dodol rumput laut

Mataram, IDN Times - Setiap daerah yang berada di Indonesia pastinya memiliki beragam kebudayaan yang unik dan menarik, sama halnya seperti makanan tradisional. Dikenal sebagai tempat wisata yang indah, Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki beragam makanan tradisional yang dapat dicoba Ketika berlibur ke daerah ini.

Berbagai makanan tradisional memiliki rasa yang khas dan tekstur yang berbeda-beda. Bahan utama pembuatan makanan tradisional ini juga berbeda-beda. Begitu pula dengan cara penyajiannya. Berikut beberapa makanan tradisional asal NTB yang dapat dijadikan referensi oleh wisatawan.

1. Ayam Taliwang

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBhttps://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52782-12-Signature-Dishes-from-Lombok

Pasti sudah banyak yang mengetahui makanan tradisional asal NTB yang satu ini, yaitu Ayam Taliwang. Ayam ini dibuat dengan cara dibakar terlebih dahulu, lalu dibalurkan bumbu khas yang terasa lezat.

Saat menyantap Ayam Taliwang, biasanya bersama dengan nasi hangat dan lalapan yang menambah kenikmatan makanan tradisional asal NTB ini. Satu ekor ayam taliwang dapat dibeli dengan harga Rp25 ribu hingga Rp50 ribu, tergantung ukuran ayam.

2. Sate Tanjung

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBhttps://twitter.com/

Biasanya sate terbuat dari olahan daging ayam atau kambing dan sapi, tetapi NTB memiliki makanan tradisional yang bernama Sate Tanjung yang terbuat dari ikan laut. Biasanya Sate Tanjung dapat dimakan bersama lontong dan kuah santan.

Jika berunjung ke Gili Trawangan, wisatawan yang menempuh melalui perjalanan darat ke Pelabuhan biasanya akan melewati Kecamatan Tanjung. Di sini banyak orang berjualan Sate Tanjung yang dapat dipilih oleh pembeli.

3. Beberuk Terong

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBpegimakan.id

Makanan tradisional asal NTB lainnya yaitu Beberuk Terong. Wisatawan dapat menyantap makanan ini yang dilengkapi dengan beberapa sayuran seperti terong yang dipotong hingga ukuran kecil, kacang panjang, sambal tomat, dan perasan jeruk limau.

Selain itu, Beberuk Terong menghasilkan cita rasa yang bercampur-campur, seperti rasa pedas, manis, dan asam. Kudapan ini sangat cocok bagi vegetarian. Sebab tidak ada campuran daging di dalamnya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai Eksotik di Provinsi NTB

4. Dodol Rumput Laut

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBkronologi.id

Jika mencari makanan tradisional khas NTB untuk dijadikan oleh-oleh setelah liburan, wisatawan dapat membeli Dodol Rumput Laut. Seperti namanya, dodol ini terbuat dari rumput laut yang sehat dan sering dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh.

5. Nasi Balap

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBlombokinfoterbaru.com

Meskipun terlihat seperti nasi bungkus pada umumnya, ternyata Nasi Balap memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini dikarenakan Nasi Balap terbuat dari bumbum-bumbu khusus, serta ditambah beberapa isiannya, seperti nasi hangat, ayam suwir, serundeng, kacang kedelai, dan sayuran lainnya.

Baca Juga: Ini Gunung-gunung di NTB yang Dapat Dijajal oleh Pendaki

6. Nagasari

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBShutterstock

Makanan tradisional dari NTB tidak selalu berupa makanan berat, sebab terdapat makanan ringan seperti Nagasari. Diketahui Nagasari terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan dan gula, serta ditambah isian pisang.

Kemudian Nagasari akan dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus beberapa menit. Biasanya Nagasari menjadi makanan penutup, karena rasa yang dihasilkan cukup manis dan lembut.

7. Plecing Kangkung

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBInstagram

Selanjutnya terdapat Plecing Kangkung khas NTB dan berasal dari Pulau Lombok. Banyak sekali orang yang menyukai Plecing Kangkung, karena rasanya pas di lidah.

Plecing Kangkung dapat dimakan dengan nasi hangat yang dicampur dengan ikan bakar atau ayam goreng. Tambahan kerupuk akan melengkapi kenikmatan menyantap plecing kangkong.

8. Cerorot

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBgoodnewsfromindonesia.id/Fairuz Abu Marcel

Terdapat makanan tradisional dari NTB yang bernama Clorot. Bentuk Clorot ini seperti kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan, lalu dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang dibentuk menjadi krucut.

9. Kelaq Kelor

Ini Rekomendasi Makanan Tradisional Super Enak Jika Berkunjung ke NTBsimomot.com

Kelaq Kelor dihidangkan seperti sayur bening. Kelaq Kelor dibuat dengan sayuran berwarna hijau yang rasanya lezat dan menyehatkan tubuh. Biasanya kelaq kelor ditambahkan bawang goreng yang membuat cita rasanya semakin nikmat.

Selain disantap bersama nasi dengan ayam taliwang, Kelaq Kelor juga nikmat disantap dengan sambal terasi.

Itulah ulasan mengenai beberapa makanan tradisional yang berasal dari NTB, terdapat makanan berat yang berbentuk nasi bungkus dan lauk pauknya hingga makanan ringan seperti kue tradisional. Jika berkunjung ke NTB, tidak ada salahnya mencicipi aneka kudapan di atas.

Baca Juga: Resep Sate Rembiga, Sate Khas Lombok yang Rasanya Pedas Lezat

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya