Comscore Tracker

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatan

Bisa dicoba nih biar berasa ulang tahun seperti di drakor

Bagi kalian yang hobi menonton K-Drama pasti ikut ingin merasakan sajian makanan-makanan yang mereka makan. Makanan yang disajikan variatif dan juga dengan permainan tekstur dan warna yang menggiurkan membuat kita yang menontonnya ngiler.

Nah, bagi kamu yang ingin merayakan ulang tahun dengan keluarga, orang terdekat, rekan kerja, atau ulang tahun kantor bisa banget nih sesekali coba sajikan makanan-makanan ala Korea. Berikut sepuluh makanan yang biasanya disajikan oleh orang Korea Selatan saat merayakan ulang tahun. Siap-siap ngiler!

1. Miyoek Guk

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selataninstagram.com/joeunlife

HIdangan sup rumput laut ini merupakan perpaduan rumput laut kering, bawang putih cincang, sup kecap, minyak wijen, garam, air, dan tambahan daging sapi menghasilkan rasa asin, tekstur licin dan kenyal di mulut. Di samping itu, hidangan ini juga dikenal sebagai sup ulang tahun dikarenakan para orang tua pasti memasak hidangan ini di hari ulang tahun anaknya.

Hal ini disebabkan karena awalnya hidangan ini dikonsumsi oleh wanita yang baru melahirkan karena mengandung nutrien yang dapat membantu pemulihan dan produksi asi. Filosofi dari hidangan ini yaitu berharap untuk kesehatan yang baik.

2. Gyeran Mari

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selataninstagram.com/_minnieeats_

Hidangan omelet gulung ini merupakan perpaduan lapisan-lapisan tipis telur yang digulung dan dilipat menyerupai log kayu dengan tambahan isian wortel dan daun bawang untuk menambah warna dan rasa.

Hidangan ini termasuk dalam makanan pendamping yang sangat cocok dipasangkan dengan sup rumput laut.

3. Japchae

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selataninstagram.com/koreankitchencardiff

Hidangan ini merupakan perpaduan mie dari pati kentang dengan sayuran yang ditumis bersama kecap, bawang putih, dan minyak wijen yang menciptakan tekstur elastis dan kenyal. Sebelumnya ini merupakan hidangan kerajaan, yang sekarang menjadi hidangan tradisional populer di acara perayaan termasuk ulang tahun.

Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan pendamping, namun juga memungkinkan dijadikan sebagai hidangan utama.

Baca Juga: Nikmatnya Kuliner Sate Ikan Tanjung Khas Lombok Utara, Bikin Nagih!

4. Gungjung Tteokbokki

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini merupakan perpaduan kue beras putih dengan daging sapi dan sayuran seperti jamur, timun zukini, wortel, dan juga daun bawang yang ditumis yang dibumbui dengan saus kecap dan penambahan kacang pinus sebagai garnish.

Hidangan ini merupakan hidangan tradisional bagian dari masakan kerajaan yang dianggap sebagai hidangan kelas tinggi. Oleh karena itu tak ada salahnya menyajikan hidangan ini di perayaan hari spesial seperti ulang tahun. Di samping itu, hidangan kue beras dianggap sebagai simbolis mengusir roh-roh jahat dan juga memelihara anak-anak yang sehat.

5. Jajangmyeon

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini merupakan perpaduan mie dengan saus kacang hitam yang dibuat dengan fermentasi tepung gandum, kedelai, dan saus karamel dengan penambahan sayuran dan daging. Faktanya, hidangan ini merupakan masakan Korea-Cina yang dikembangkan oleh imigran Cina masa awal di Korea, dan pada akhirnya menjadi bagian dari budaya makanan Korea.

Selain itu, hidangan ini juga menjadi simbolis yang dimakan oleh para lajang bersama teman-temannya pada Black Day (14 April) untuk bersimpati kepada satu sama lain atas mie hitam karena tidak memiliki hubungan romantis. Bagi kamu penikmat K-Drama pasti tidak asing dengan hidangan ini karena menjadi hidangan delivery populer K-Drama. 

6. Gujeolpan

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini berisi 9 makanan dalam satu piring yang terdiri dari sayuran, daging, dan seafood yang berbeda dimana melambangkan keselarasan warna, tekstur, dan nutrisi. Hal ini dikarenakan angka 9 merupakan makna simbolis dari kesempurnaan dan harmoni.

Di samping itu, secara histori, hidangan ini termasuk hidangan kerajaan. Oleh karenanya, di acara perayaan ulang tahun bersama keluarga, hidangan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan utama di tengah meja.

7. Saengseon Jjim

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini dibuat dengan ikan utuh, biasanya kakap merah, yang dikukus dan diisi serta dihias dengan sayuran dan item lainnya sehingga tampak indah. Oleh karena itu, hidangan ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melengkapi hidangan perayaan ulang tahun.

8. KKanpung Saeu

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini merupakan perpaduan udang besar dengan adonan pati kentang dan telur dengan penambahan sayuran aromatik dan dibaluri saus. Hidangan ini cocok dijadikan sebagai makanan pembuka sebelum memakan jajangmyeon sebagai hidangan utama. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dicoba di Pasar Seni Gili Trawangan

9. "Modeumjeon"

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini merupakan perpaduan ikan, udang, dan timun zukini yang dicelupkan ke dalam adonan telur dan digoreng terpisah yang menciptakan kulit lembut dan disantap dengan saus.

Hidangan ini cocok dijadikan sebagai makanan pendamping untuk perayaan ulang tahun. Sederhana, namun tetap elegan untuk dinikmati bersama makanan lainnya. 

10. Haemul Pajeon

10 Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea Selatankoreanbapsang.com

Hidangan ini merupakan perpaduan daun bawang dan seafood dengan adonan tepung campuran yang menciptakan tekstur sedikit kenyal dan garing sehingga membuat pancake ini gurih. Cocok banget disajikan sebagai snack ataupun makanan pembuka di acara perayaan ulang tahun bersama keluarga ataupun teman-teman.

Itulah sepuluh makanan yang biasanya disajikan saat merayakan ulang tahun bagi orang Korea Selatan. Kelihatan lezat, ya! Bisa banget nih sesekali merayakan ulang tahun dengan tema hidangan Korea Selatan seperti ini. Mari dicoba!

Baca Juga: 9 Aktivitas Seru ini Bisa Dilakukan di Gili Trawangan, Tertarik?

Sarah Ferwinda Photo Community Writer Sarah Ferwinda

Life is all about learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya