Comscore Tracker

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!

Gak cukup kalau hanya satu gigitan!

Pulau Lombok menjadi perbincangan panas akhir-akhir ini dikarenakan event MotoGP di Mandalika. Banyak wisatawan yang berkunjung baik dari mancanegara maupun lokal. Mungkin, kamu adalah salah satunya yang berkesempatan untuk menyaksikan meriahnya ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok. 

Gak lengkap apabila berada di Lombok tanpa mencicipi kuliner khasnya. Selain mempunyai deretan makanan tradisional dengan cita rasa pedas menggoda, pulau ini juga menawarkan suguhan aneka kue yang beragam dan dijamin enak. 

Penasaran? Simak, 5 aneka kue khas Lombok yang bercita rasa legit, wajib untuk dicicipi berikut! 

1. Jaje bantal

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!Jaje Bantal (instagram.com/westri)

Jaje bantal adalah kue basah khas Lombok  terbuat dari ketan, gula, garam yang tengahnya diisi dengan parutan kelapa muda atau kacang ditambah buah pisang. Adonannya dibungkus memakai daun janur lalu dikukus hingga matang. 

Tampilan bungkusnya yang mirip bantal itulah membuat julukan bagi kue ini. Jaje bantal dahulunya hanya dapat ditemui saat menjelang lebaran. Namun, sekarang bisa ditemukan di toko oleh-oleh khas Lombok khususnya di Desa Gapuk. 

Rasanya enak dan Gurih dengan Paduan pisang dan kacang yang khas.

2. Kerake

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!Kerake (instagram.com/andry_andriono)

Salah satu kue tradisional khas Lombok ini memiliki tampilan yang unik. Kerake berbahan dari ketan, gula, dan santan yang diaduk hingga mengental. 

Setelah itu, adonannya dibungkus ke dalam jagung pisang. Bagian menariknya, bungkus kerake dibagi menjadi tiga bagian bulat-bulat yang dipisahkan dengan tali dari bambu. 

Kue ini mirip dengan jenang khas Jawa, tetapi bertekstur lebih kering dan keras.

3. Jaje tareq

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!Jaje Tareq (instagram.com/doritis14)

Jaje tareq  merupakan kue kering khas Lombok yang terbuat dari tepung beras. Diolah bersama santan, gula merah, dan sedikit kapur sirih. Kue ini memiliki sebutan lain yaitu goro-goro

Sebutan 'tareq' memiliki background yang agak  pilu. Tareq berarti ditinggalkan karena jaje tareq ini hampir punah dan tidak dinikmati. Itu disebabkan oleh teksturnya yang keras. 

Namun, berkat kreasi dari para ibu di Lombok, kue ini sekarang memiliki tekstur renyah yang pas hingga dapat ditemukan di pusat oleh-oleh Lombok. 

Baca Juga: Pakai Joki Cilik pada Event Pacuan Kuda Disebut Melanggar HAM

4. Poteng jaje tujak

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!Poteng Jaje Tujak (instagram.com/hobi_kunyah)

Kue ini cukup populer walaupun hanya ditemui saat menjelang lebaran. Poteng jaje tujak  memiliki arti tape yang ditumbuk. Sajiannya pun dibagi menjadi dua. 

Pertama yaitu sajian tapenya disebut dengan poteng. Poteng terbuat dari ketan yang difermentasi. Kedua, ada jaje tujak yang mirip tetel Jawa diiris kotak-kotak. 

Untuk membuat kue ini tidak sembarangan, lho. Ada tradisi kepercayaan dimana yang harus membuat poteng jaje tujak adalah wanita dalam keadan suci atau tidak sedang menstruasi. Hal itu dilakukan agar tidak merusak rasa dan hasil dari poteng. 

5. Kelepon kecerit

5 Aneka Kue Khas Lombok dengan Cita Rasa Legit, Wajib Dicicipi!Kelepon Kecerit (instagram.com/yulianamenjoi)

Memiliki nama yang unik, kue kelepon kecerit berarti kelepon yang dimakan dengan sensasi gula merah yang muncrat atau kecerit di dalam mulut. 

Kue ini hampir sama dengan kue klepon khas Jawa, bedanya kue kelepon kecerit tampilan bentuknya memanjang dan runcing jika dibandingkan kue klepon yang berbentuk bulat. 

Kelepon kecerit terbuat dari tepung ketan dengan warna didominasi oleh hijau, merah, dan kuning. Teksturnya kenyal dibalut parutan kelapa dan lumernya gula merah. Rasanya enak, nagih, gak cukup kalau cuma sekali gigitan. 

Nah, itulah 5 aneka kue khas Lombok yang wajib dicicipi. Selain rasanya yang legit, kue khas Lombok akan menambah rasa manis pengalaman dan kenangan berliburmu yang menyenangkan. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Opor Ayam Khas Lombok, Cocok Dijadikan Lauk untuk Berbuka Puasa

May Paramita Photo Community Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya