Comscore Tracker

Rider Berjatuhan di Mandalika, Aspal Terkelupas Langsung Ditambal

MGPA: jatuh bukan karena aspal, mungkin karena rider sendiri

Lombok Tengah, IDN Times – Sehari sebelum race MotoGP di Sirkuit Mandalika banyak rider berjatuhan di lintasan yang memiliki karakter speed trap itu. Sejumlah aspal dalam lintasan juga mengalami pengelupasan. Ini akan ditambal sebelum race MotoGP dimulai pada Minggu (20/3/2022).

Di antaranya rider asal spanyol, Marc Marquez yang kerap disapa the Baby Alien itu sempat mengalami dua insiden yang membuat dirinya harus start di posisi 15 pada race MotoGP yang akan disajikan Minggu (20/3/2022) besok sore.

1. Para rider berjatuhan

Rider Berjatuhan di Mandalika, Aspal Terkelupas Langsung DitambalMarc Marquez terpental keluar lintasan Sirkuit Mandalika di Tikungan 11 pada seri kedua latihan bebas/dok(twitter.com/motogp)

Sejak hari pertama free practice hingga hari kedua kualifikiasi di Mandalika, Marc Marquaz sempat mengalami dua insiden yang membuat dirinya tidak bisa melanjutkan proses kualifikasi dengan catatan waktu tercepat.

Pertama, Baby Alien asal Spanyo itu terkapar di tikungan 11 pada free practice kedua Jumat (18/3/2022) kemarin.

Insiden kedua, Baby Alien harus kembali naik motor marshal melewati pitline setelah crash tepat di tikungan 13. Selain Marquez, juara bertahan Moto2 Pedro Acosta juga merasakan kerasnya gravel di sisi lintasan Sirkuit Mandalika pada free practice kedua Jumat kemarin.

Baca Juga: 6 Pesawat Buatan Negara 'Oppa Lee Min-Ho' Unjuk Gigi di Mandalika

2. Aspal dicek sebelum Race MotoGP

Rider Berjatuhan di Mandalika, Aspal Terkelupas Langsung DitambalLintasan Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Selain Marc Marquez, Enea Bastianini dari Gresini Racing MotoGP Ducati pun sempat merasakan aspal Sirkuit Mandalika. Setelah berhasil juara di GP Qatar, rider kelahiran 30 Desember 1997 di Italia ini juga harus menerima nasib keluar lintasan Sirkuit Mandalika.

Banyaknya rider yang berjatuhan di Mandalika membuat aspal baru dan aspal lama Sirkuit Mandalika terkelupas. Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Mandalika Grand Prix Associaton Priandhi Satria, Sabtu petang.

Menurut Priandhi, beberapa rider memang merasakan jatuh di aspal Mandalika. Namun, hal itu sangat lumrah terjadi di lintasan sirkuit.

“Itu wajar ya, karena ini trek baru, rider harus bisa menyesuaikan diri. Mereka jatuh bukan karena aspal tapi mungkin karena rider itu sendiri,” katanya.

3. Aspal ditambal sebelum race MotoGP

Rider Berjatuhan di Mandalika, Aspal Terkelupas Langsung DitambalMenteri BUMN Erick Thohir memeriksa kondisi lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika yang baru diaspal ulang, Jumat 11 Maret 2022. (IDN Times/Umi Kalsum)

Priandhi juga menambahkan, aspal yang sempat terkelupas akibat banyaknya rider berjatuhan di Mandalika akan segera ditangani pihak MGPA dan ITDC.
Hal itu untuk menemukan kondisi aspal terbaik sebelum race MotoGP berlangsung pada Minggu (20/3/2022).

“Kita akan segera tambal, malam ini mulai dikerjakan,” ujar Priandhi.

Dia pun mengaku, beberapa bagian aspal yang digores akibat motor rider Moto3, Moto2, IATC, dan MotoGP akan segera diberikan penanganan sebelum race MotoGP dimulai.

“Kita akan bersihkan malam ini dan tim sudah turun. Semoga besok cuaca cerah dan lancar,” pungkas Priandhi.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya