Comscore Tracker

Ini Gunung-gunung di NTB yang Dapat Dijajal oleh Pendaki

Dapat bonus pemandangan di jalur pendakian

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak desatinasi wisata yang dapat dikunjungi. Selain pantai, di NTB juga terdapat beberapa gunung yang indah untuk didaki. Pendaki akan dimanjakan dengan panorama yang asri dari gunung-gunung ini.

Provinsi NTB yang terdiri dari dua pulau ini menyimpan banyak keindahan. Misalnya Gunung Tambora yang ada di Pulau Sumbawa dengan kalderanya dan Gunung Rinjani di Pulau Lombok dengan keindahan Danau Segara Anak.

Berikut beberapa gunung yang dapat dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Provinsi NTB.

1. Gunung Rinjani

Ini Gunung-gunung di NTB yang Dapat Dijajal oleh Pendakicommons.wikimedia.org

Bagi wisatawan yang gemar mendaki gunung, pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Mengunjungi Gunung Rinjani selama liburan akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Gunung Rinjani menampilkan pemandangan yang indah dan asri, sehingga akan membuat wisatawan lebih rileks. Selain itu, terdapat lima rute yang tersedia untuk mendaki Gunung Rinjani, tetapi hanya dua rute yang paling sering dilalui oleh pendaki, yakni rute Senaru dan rute Sembalun Lawang.

Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Rinjani, antara lain:

1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Jika wisatawan menghindari aktivitas fisik yang berat seperti mendaki puncak Gunung Rinjani, wisatawan dapat mengunjungi Taman Wisata Pusuk Sembalun agar tetap bisa memandangi keindahan pegunungan. Wisatawan juga bisa piknik di sekitar Taman Wisata Pusuk Sembalun.

2. Bukit Pergasingan

Bagi wisawatan yang ingin memandangi keindahan Gunung Rinjani yang dilihat dari ketinggian, wisatawan bisa mengunjungi Bukit Pergasingan. Selain pemandangan Gunung Rinjani, wisatawan juga dapat melihat petak-petak sawah dan kebun-kebun milik warga. Wisatawan juga bisa berkemah dan melakukan aktivitas menantang, seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain lain.

3. Air Terjun Penimbungan

Bagi wisatawan yang ingin mendaki Gunung Rinjani, terdapat lima rute yang dapat dilalui, salah satunya terdapat rute masuk Torean. Jika melalui rute ini, wisatawan dapat melihat keindahan Air Terjun Penimbungan yang masih jarang diketahui oleh wisatawan

2. Gunung Tambora

Ini Gunung-gunung di NTB yang Dapat Dijajal oleh Pendakibackpackerjakarta.com

Untuk wisatawan yang tertarik dengan wisata Gunung Tambora, wisatawan bisa berkunjung ditemani orang sekitar yang telah memahami medan Gunung Tambora agar lebih aman. Gunung Tambora memiliki lima jalur pendakian, yakni Doro Ncanga, Piong, Kawinda To’i, Pancasila dan Doropeti. Di sekitar Gunung Tambora terdapat beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

1. Desa Pancasila

Jika wisatawan yang butuh penginapan, tukang masak, dan pemandu sebelum mendaki ke Gunung Tambora, wisatawan bisa berkunjung ke Desa Pancasila terlebih dahulu. Wisatawan tidak perlu khawatir, tukang masak di Desa Pancasila sudah diberikan pelatihan, jadi bisa memasak berbagai macam masakan yang enak.

2. Doro Ncanga 

Doro Ncanga dikenal dengan padang sabana, serta memiliki latar belakang pemandangan Gunung Tambora yang sangat indah.

3. Gunung Prabu

Ini Gunung-gunung di NTB yang Dapat Dijajal oleh PendakiGunung Prabu di Lombok (travelingyuk)

Letak Gunung Prabu di Desa Prabu dapat ditempuh dengan menaiki sepeda motor. Wisatawan akan melihat berbagai pemandangan indah, seperti melihat matahari terbit dan terbenam. Wisatawan juga dapat memandangi keindahan Gunung Rinjani dan Gunung Kuta, jadi jangan lupa untuk membawa kamera untuk swafoto.

Berdasarkan ulasan di atas, NTB memiliki banyak tempat wisata alam khususnya gunung. Sejauh ini, gunung yang sering dikunjungi oleh pendaki yaitu Gunung Rinjani, Gunung Tambora, dan Gunung Prabu.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Hotel Jika Berkunjung ke Kota Mataram

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya