Seorang Ibu di Lotim Lahirkan Bayi Kembar Siam dengan Satu Jantung

Hanya bertahan hidup selama dua hari

Lombok Timur, IDN Times - Bayi kembar siam kembali lahir di Lombok Timur (Lotim) dengan kondisi dempet di perut. Bayi tersebut lahir dengan cara operaso di RSUD Raden Soedjono, Selong, Jumat (28/4/2023) sekitar pukul 08.45 wita.

Hasil pemeriksaan dokter setempat, bayi kembar yang dilahirkan oleh Zahratul Qadariah warga Dusun Tundak, Desa Batu Belek, Kecamatan Keruak, Lombok Timur ini hanya memiliki satu jantung dan satu hati. Tetapi setelah dua hari mendapatkan perawatan intensif di NICU, bayi kembar ini dinyatakan meninggal dunia.

1. Hasil pemeriksaan dokter tidak memungkinkan untuk bertahan hidup

Seorang Ibu di Lotim Lahirkan Bayi Kembar Siam dengan Satu JantungDirektur RSUD Selong dr. Hasbi Santoso (Facebook / RSUD Selong)

Direktur RSUD Selong, dr Hasbi Santoso menjelaskan, kasus bayi kembar dempet yang lahir ini,  berbeda dengan kelahiran bayi kembar dempet sebelumnya yaitu Inayah dan Anayah. Meskipun lahir dalam kondisi yang sama yaitu dempet dada dan perut, tetapi peluang pemisahan bayi kembar ini sangat tidak memungkinkan, karena memiliki satu jantung dan satu hati.

"Operasi pemisahan tidak memungkinkan, karena  salah satu pasti ada yang dikorbankan, tetapi orang tua bayi itu tidak merelakan salah satunya, sehingga lebih memilih tidak mau dioperasi dan tetap hidup seperti apa adanya," jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Hibah di Lotim Tak Taat Bayar Pajak

2. Meninggal dunia setelah dua hari dirawat intensif 

Seorang Ibu di Lotim Lahirkan Bayi Kembar Siam dengan Satu Jantungdok. Pribadi/Ruhaili

Setelah dua hari mendapatkan perawatan di NICU RSUD Selong, bayi kembar dempet ini dinyatakan meninggal dunia. Minggu pagi (30/4/2023) sekitar pukul 06.00 wita di RSUD R. Soedjono Selong.

"Ya memang benar bayi ini dempet dada dan perut, proses kelahirannya melalui operasi sectio caesaria namu di hari ketiga , sekitar pukul 05:30 wita bayi tersebut meninggal dunia di RSUD Raden Soedjono Selong. Keluarga langsung membawa bayi tersebut pulang untuk di makamkan," ungkap dr. Hasbi Santoso.

3. Kelahiran langka 1 berbanding 1 juta kelahiran

Seorang Ibu di Lotim Lahirkan Bayi Kembar Siam dengan Satu JantungBayi kembar dempet (dok. Pribadi/Ruhaili)

Kelahiran dempet dada dan perut merupakan kelahiran langka yang terjadi di Indonesia bahkan di dunia. Dijelaskan dr Hasbi,  bayi kembar siam itu terbilang langka, karena kelahirannya satu berbanding satu juta kelahiran.  

"Pas pertama lahir bayi tersebut tidak menangis, biasanya bayi lahir dia menangis, sehingga yang tidak menangis itu bisa dikatakan tidak normal lagi, apalagi mempunyai satu jantung," pungkasnya.

Baca Juga: Seorang Ayah di Lotim Tega Mencabuli Anak Tirinya hingga Berkali-kali

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya