Forum BPD Lotim : Pilkades Harus Senang, Riang, dan Gembira

Masyarakat harus bebas memilih siapa yang dikehendaki 

Lombok Timur, IDN Times - Sepekan jelang dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 di 53 desa se Lombok Timur (Lotim), Forum Badan Permusyawaratan Desa (BDP) Lotim tegaskan Pilkades harus berlangsung dengan riang dan gembira.

Banyak pihak berharap, pesta demokrasi di tingkat desa ini berlangsung aman, lancar, damai, jujur, adil dan sukses.  Kesuksesan Pilkades serentak 53 desa ini  akan jadi cermin kualitas demokrasi di masyarakat. Karena setelah itu pesta demokrasi pemilihan Legislatif, Pilpres dan Pilkada juga akan segera berlangsung di 2024 mendatang.

1. Pilkades sebagai tolok ukur jelang Pemilu 2024

Forum BPD Lotim : Pilkades Harus Senang, Riang, dan GembiraNarasumber

Sekretaris Forum BPD Lombok Timur Dedy Febry Rahman mengatakan, kesuksesan Pilkades ini merupakan tolok ukur kualitas demokrasi masyarakat jelang pelaksanaan pemlihan umum 2024 mendatang.

Untuk ia berharap, masyarakat bisa hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan riang gembira dan suka cita. Bisa bebas memilih siapa yang dikehendaki, tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

“Saya menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih, menggunakan haknya dengan baik. Ajak keluarga, saudara dan tetangga untuk datang ke TPS, guna menyukseskan Pilkades serentak, yang akan di digelar pada tanggal 15 Maret 2023,” himbau Dedy, dalam keterangannya di selong, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga: Tidak Kunjung Berangkat, CPMI Lotim Tujuan Taiwan Mengadu ke Dewan

2. Masyarakat yang berpesta demokrasi harus senang 

Forum BPD Lotim : Pilkades Harus Senang, Riang, dan GembiraHumas Pemda Lotim

Pilkades, sebut Dedy merupakan proses demokrasi di desa, yang harus dilalui untuk memilih pemimpin baru. Kades yang telah terpilih merupakan hasil Pilkades yang berasas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta berlangsung demokratis.

Menurut dia, masyarakat di 53 desa pasti senang, dengan pelaksanaan Pilkades untuk menyambut pemimpin baru di desanya. Jika rakyat, panitia dan calon kades senang, pasti pelaksanaan Pilkades akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Jika semua yang terlibat dalam Pilkades ini senang, maka bisa dipastikan pelaksanaan Pilkades akan berjalan dengan baik,” imbuh Dedy.

3. Imbau seluruh anggota BPD terlibat penuh mensukseskan Pilkades

Forum BPD Lotim : Pilkades Harus Senang, Riang, dan GembiraNarasumber

Selain itu Dedy yang juga sekjend forum BPD Lombok Timur mengimbau seluruh anggota BPD di 53 Desa yang ikut pilkades serentak tahun 2023 agar terlibat penuh dalam mensukseskan pilkades kali ini, pilkades adalah amanah undang-undang nomer 6 tentang desa tahun 2014 yang amanahnya BPD membentuk Panitia Pilkades.

"Mari kita sukseskan bersama Pilkades ini," ujarnya.

Baca Juga: Melihat Harta Kekayaan Pejabat di NTB, Ada yang Tak Punya Rumah

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya