Dapat 159 Medali, Kontingen Lotim Lampui Terget Pada Porprov NTB XI

Lotim duduki posisi ke-3 pada Porprov NTB tahun 2023 

Lombok Timur, IDN Times - Kontingen Lombok Timur berhasil menduduki peringkat ketiga dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB tahun 2023 ini setelah Kabupaten Dompu dan Kota Mataram. Peringkat ini jauh melapui target di mana sebelumnya KONI Lombok Timur menargetkan pada Porprov tahun ini Lombok Timur akan menduduki posisi empat sampai lima besar saja.

Ketua KONI Lombok Timur L. Makbul Maya meyebutkan keberhasilan ini juga diakui mengalami peningkatan yang signifikan. Jika dibandingkan pada Porprov tahun sebelumnya, Lombok Timur hanya bisa menduduki peringkat kedelapan dari 10 Kabupaten/Kota se NTB.

"Alahamdulillah hasil kita tahun ini sangat membanggakan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan sangat signifikan dari posisi delapan sampai peringkat Ketiga. Keberhasilan tidak lepas dari kolaborasi dan dukungan semua pihak, termasuk Pemkab Lombok Timur," ujarnya.

1. Lotim berhasil memperoleh sebanyak 159 medali

Dapat 159 Medali, Kontingen Lotim Lampui Terget Pada Porprov NTB XIDokumen pribadi

Pada Porprov XI ini Lombok Timur berhasil mengumpulkan 159 medali, dengan rincian sebanyak 41 medali emas, 51edali Perak, dan 67 medali Perunggu.

Meski dari sisi pendanaan diakuinya belum begitu optimal, namun dukungan lainnya dari Pemkab Lombok Timur dan sejumlah OPD diakui sangat besar sekali. Tidak hanya sejak persiapan, melainkan pula pada pelaksanaan, bahkan hingga berakhirnya Porprov dengan komitmen memberikan bonus kepada atlet yang meraih medali. 

"Kami sengapresiasi Pemda yang tetap memberikan dukungan melalui dana hibah meski dalam kondisi keuangan daerah yang terbatas," ujarnya.

Baca Juga: Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 

2. Tak diraih dengan mudah

Dapat 159 Medali, Kontingen Lotim Lampui Terget Pada Porprov NTB XIDokumen pribadi

Keberhasilan ini diakui tidak bisa dicapai dengan mudah dan instan, akan tetapi keberhasilan ini bisa diraih melalui pelaksanaan Pelatda dengan metode desentralisasi yang berlangsung relatif singkat. 

Potensi olahraga di Lombok Timur diakui sangat besar untuk dikembangkan, untuk itu KONI Lombok Timur memberikan peluang bagi semua atlet dan cabor untuk berprestasi dengan mendorong terbentuknya sejumlah kepengurusan cabor. 

"Kita di Lombok Timur memiliki potensi yang sangat banyak untuk mengembangkan bidang olaharaga ini. Sehingga dapat terus memperbaiki peringkat pada Porprov selanjutnya," ujarnya.

3. Lotim diharapakn bisa lebih bik lagi kedepannya

Dapat 159 Medali, Kontingen Lotim Lampui Terget Pada Porprov NTB XIDokumen pribadi

Sementara itu Sekertaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Timur Kurnia Akmal berharap agar Lombok Timur bisa lebih baik lagi kedepannya dan bisa melihat  potensi cabor yang masih belum diikuti pada Porprov tahun ini.

Dengan begitu, diharapkan pada Porprov selanjutnya Lombok timur bisa mengikuti seluruh cabor yang dilombakan. Dengan begitu Lombok Timur akan bisa menduduki posisi pertama dan keluar menjadi juara umum.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja dari teman-teman KONI, atlet, pelatih, dan manajer yang telah berupaya memberikan yang terbaik pada Porprov XI ini. Kami harap prestasi ini kedepan bisa ditingkatkan kembali dengan melihat potensi kita di Lombok Timur," pungkasnya.

Baca Juga: Pria Lombok ini Akhiri Hidup dengan Gantung Diri Pakai Kabel Parabola 

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya