Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 

KONI NTB: Panpel terlambat berikan informasi

Mataram, IDN Times - Ketua KONI Kabupaten Sumbawa Syamsul Fikri mengajukan protes keras ke KONI NTB usai penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB Tahun 2023, Minggu (26/2/2023) sore. Fikri mengatakan perolehan medali Sumbawa berkurang satu medali emas.

Seharusnya, total medali emas yang diperoleh Kabupaten Sumbawa sebanyak 41 bukan 40. Menurut Fikri, ada kesalahan panitia pelaksana (Panpel) dalam pencatatan perolehan medali emas di cabor tinju. Setelah KONI NTB melakukan koreksi, Sumbawa naik ke peringkat 4 Porprov NTB 2023 dari sebelumnya posisi keenam dengan perolehan 41 emas, 37 perak dan 52 perunggu.

1. KONI NTB lempar kesalahan data ke Panpel

Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua KONI NTB Mori Hanafi menjelaskan pihaknya hanya menerima update data perolehan medali dari masing-masing Panpel atau cabor yang telah distempel. Apabila ada data yang keliru, maka bukan kesalahan KONI NTB tetapi Panpel dari cabor yang dipersoalkan.

"Tadi kita sudah bersepakat dari 10 medali emas di cabor panahan, sebetulnya Sumbawa hanya dapat 9 emas. Jadi, Sumbawa ini kalaupun ada pergeseran peringkat, dia naik ke urutan empat," kata Mori.

Baca Juga: Porprov NTB 2023: Mataram Juara Umum dan Dompu Peringkat Kedua

2. Tidak mengubah peringkat 1, 2 dan 3

Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 Kota Mataram merayakan kemenangan sebagai juara umum Porprov XI NTB 2023. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dalam penutupan Porprov NTB 2023, Mori mengatakan pihaknya sengaja tidak menyebutkan peringkat 4 dan seterusnya. Tetapi hanya peringkat 1 sampai 3 untuk memberikan koreksi kepada Kabupaten Sumbawa.

"Tetapi secara umum tadi disampaikan Sumbawa itu dari 40 emas, kalau bertambah satu menjadi 41 emas. Tapi tidak mengubah urutan nomor 1, 2 dan 3. Ini bukan protes, koreksi saja. Artinya, ini tanggungjawab Panpel bukan KONI," terang Mori.

3. Panpel terlambat memberikan informasi

Ajukan Protes Keras, Sumbawa Naik Peringkat 4 Porprov NTB 2023 Penutupan Porprov XI NTB 2023 di GOR 17 Desember Kota Mataram, Minggu (26/2/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mori menjelaskan Panpel terlambat memberikan informasi kepada KONI NTB. Kabupaten Sumbawa mempermasalahkan medali emas dari cabor tinju, namun kata Mori, Panpel akan melakukan pengecekan.

Pada Porprov NTB 2023, Kota Mataram berhasil mempertahankan gelar juara umum dengan 152 medali emas. Dompu berada di peringkat kedua dengan 42 medali emas. Lombok Timur di peringkat ketiga dengan 41 emas, disusul Sumbawa di posisi keempat yang juga mengoleksi 41 medali emas.

Kontingen Lombok Tengah berada di peringkat kelima dengan 40 medali emas. Sementara Lombok Barat berada di posisi keenam dengan 40 medali emas. Kota Bima menempati peringkat ketujuh dengan 39 medali emas.

Kabupaten Sumbawa Barat berada di posisi kedelapan dengan 24 medali emas. Disusul Bima dengan 22 medali emas di peringkat kesembilan dan Lombok Utara mengoleksi 13 medali emas dan menempati peringkat sepuluh.

Baca Juga: Ripzy, Gen Z dari NTB yang Memilih Terjun ke Dunia Politik  

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya