Bulog Kumpulkan Stok Beras dari Petani Lotim

Stok beras yang sudah terkumpul 5 ribu ton 

Lombok Timur, IDN Times -Untuk memenuhi kebutuhan beras dan menstabilkan harga beras di Lombok Timur (Lotim), Badan Urusan Logistik (Bulog) Lotim terus melakukan pengadaan beras yang akan dijadikan sebagai stok beras pemerintah.

Kepala Cabang Bulog Lombok Timur Muhammad Hanafi menyampaikan bahwa setok beras yang sudah terkumpul di Bulog Lombok Timur hingga bulan April ini sebanyak 5 ribu ton. Beras-beras ini diserap langsung dari para petani mitra Bulog yang ada di Lombok Timur.

"Stok beras yang sudah dikuasai oleh Bulog sampai saat ini sudah 5 ribu ton yang kami serap di tahun 2023 ini saja," terangnya.

1. Penyerapan beras akan terus berjalan

Bulog Kumpulkan Stok Beras dari Petani LotimKepala Cabang Bulog Lotim

Penyerapan beras dari para petani mitra Bulog akan terus berjalan. Sehingga ditargetkan pada tahun 2023 ini stok beras yang terkumpul di Bulog sebanyak 50 ribu ton untuk Lombok Timur.

Sementara itu, Pemberian bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tidak akan berpengaruh terhadap stok beras yang ada, hal itu dikarenakan beras yang di gunakan ialah stok beras yang baru masuk.

"Pengadaan beras yang baru masuk di Bulog langsung disalurkan untuk bantuan CPP mulai bulan ini," ungkapnya.

Baca Juga: Bos PT AMG Jadi Tersangka Kasus Korupsi Tambang Pasir Besi Lotim

2. Bantuan pangan CPP akan berlangsung selam tiga bulan

Bulog Kumpulkan Stok Beras dari Petani LotimCadangan beras Bulog Lotim

Program bantuan pangan ini akan berlangsung selama tiga bulan kedepan dan pemerintah telah menggarkan selama tiga bulan, akan tetapi penyalurannya akan dilakukan per bulan.

Dengan setok yang ada saat ini disebutnya sudah bisa mengcover semua kebutuhan beras program bantuan pangan CPP selama tiga bulan dengan total kebutuhan sebanyak 4.416 ton selama tiga bulan.

"Untuk stok kita hari ini saja sudah 5 ribu ton, sementara kita akan melakukan penyerapan setok sepanjang tahun," ujarnya.

3. Target penyerapan beras tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya

Bulog Kumpulkan Stok Beras dari Petani LotimKepala Cabang Bulog Lotim Muhammad Hanafi

Target penyerapan beras dari para petani tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, di mana tahun sebelumnya target penyerapan beras saat musim panen sebsar 35 ribu ton. Sementara target tahun ini sebesar 50 ribu ton. Melihat capain selama empat bulan ini, dirinya merasa optimis bahwa target serapan beras tersebut bisa terpenuh tahun ini.

Pemerintah saat ini telah menaikkan harga gabah dan beras, di mana harga  beras saat ini Rp9.990 per kilogram, sementara harga gabah Rp 6.300 per kilogram. Dengan menaikkan harga beras dan gabah ini, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melakukan pendampingan dan memberikan keuntungan kepada petani.

"Tahun ini merupakan tahun kebahagiaan bagi petani, karena harga gabah dan beras sangat-sangat tinggi dan ini adalah salah satu upaya pemerintah memberikan keuntungan bagi para petani dan mengumpulkan stok, melalui harga yang tinggi," tutupnya.

Baca Juga: 6 Kecamatan di Lotim Dijadwalkan Pemadaman Listrik Bergilir

supardi ardi Photo Community Writer supardi ardi

Saya suka menulis dan jalan-jalan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya