KKB Menyerang Pasukan TNI di Nduga, Korban Belum Dipastikan

Kondisi cuaca memburuk komunikasi dengan pasukan

Jayapura, IDN Times - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mugi-Mam menyerang pasukan Satgas Yonif 321/GT di Mugi-Mam Kabupaten Nduga Papua Pegunungan pada Sabtu 15 April 2023 pukul 16.30 Wit. 

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, belum diketahui berapa jumlah prajurit yang menjadi korban penyerangan KKB ini.  

"Belum diketahui secara pasti berapa korban prajurit TNI yang meninggal dan luka-luka," katanya dilaporkan Antara di Jayapura Minggu, (16/4/2023).

1. Pihak TNI masih terus melakukan pemantauan

KKB Menyerang Pasukan TNI di Nduga, Korban Belum DipastikanIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Diakui, saat ini masih dilakukan pemantauan, namun karena cuaca hujan dan berkabut sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut.

"Saat ini berbagai upaya dilakukan untuk memberikan bantuan dan evakuasi sekaligus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air serta berharap semua diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan," harapnya. 

Baca Juga: Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMG

2. Enam prajurit TNI dilaporkan gugur

KKB Menyerang Pasukan TNI di Nduga, Korban Belum DipastikanIlustrasi - Penangkapan terduga anggota KKB di atas Gunung Impura Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua (Dok Istimewa)

Sementara itu data yang dihimpun Antara sejak Sabtu malam (15/4) terungkap penyerangan terhadap tim gabungan Satgas Yonif R 321/GT dengan satuan lainnya menyebabkan enam prajurit dilaporkan gugur dan 30 orang lainnya belum diketahui nasibnya.

Hingga kini belum ada kronologi terkait insiden tersebut.

3. Proses pembebasan pilot Susi Air

KKB Menyerang Pasukan TNI di Nduga, Korban Belum DipastikanTPNPB-OPM Komando Nasional Umumkan Resmi Photos dan Videos Bersama Pilot New Zealand, Dan Pilot Asal NZ Baik dan sehat. (dok. TPNPB-OPM)

Pilot Susi Air disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Tim gabungan TNI/Polri masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air yang warga negara asing.

Baca Juga: Diperiksa 6 Jam oleh Penyidik Kejati NTB, Sekda NTB Irit Bicara 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya