Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMG

Terkait dugaan korupsi tambang pasir besi di Lombok Timur

Mataram, IDN Times - Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB melakukan penggeledahan Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, Kamis (9/3/2023). Penyidik Pidana Khusus Kejati NTB melakukan penggeledahan Kantor Dinas ESDM NTB mulai pukul 13.20 Wita.

Selain Kantor Dinas ESDM NTB, penyidik juga melakukan penggeledahan di Kantor PT. Anugerah Mitra Graha (AMG) di Lombok Timur. Penggeledahan Kantor Dinas ESDM dan PT. AMG terkait kasus dugaan korupsi penambangan pasir besi di Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur.

1. Penyidik geledah ruang Kepala Dinas ESDM NTB

Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMGPenggeledahan Kantor ESDM NTB (dok Kejati NTB)

Kasi Penkum Kejati NTB Efrien Saputra mengatakan penyidik menggeledah 4 ruangan di Kantor Dinas ESDM NTB. Antara lain, ruangan Bidang Mineral dan Batubara, ruangan sekretariat termasuk ruangan Kepala Dinas ESDM NTB inisial ZA.

Sebanyak 8 penyidik melakukan penggeledahan di Kantor Dinas ESDM NTB. Saat berita ini ditulis, penggeledahan masih berlangsung.

Baca Juga: Inflasi NTB Menembus Angka 6,3 Persen, Pemda Gagal Kendalikan Harga? 

2. Tiga penyidik lakukan penggeledahan kantor PT. AMG

Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMGPenggeledahan Kantor PT AMG (dok Kejati NTB)


Sementara itu, tim penyidik Pidana Khusus Kejati NTB juga melakukan penggeledahan di kantor PT. AMG di Lombok Timur. Sebanyak tiga penyidik melakukan penggeledahan yang dipimpin Kasi Penyidikan Kejati NTB Agus Sunaryo.

Kepala Dinas ESDM NTB inisial ZA telah diperiksa penyidik Pidana Khusus Kejati NTB sebanyak dua kali. Pemeriksaan dia sebagai saksi terakhir kali pada Selasa (7/3/2021).

Sebelumnya, pada Senin (13/2/2023), sejumlah pejabat daerah dan mantan pejabat diperiksa Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB. Pejabat yang diperiksa adalah Sekda NTB inisial LGA. Kemudian Bupati Lombok Timur inisial SA dan Mantan Bupati Lotim inisial HMA.

Penyidik Pidana Khusus Kejati NTB juga telah memeriksa pejabat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB inisial ZA dan HB. Kemudian, Perwakilan Kantor Kementerian ESDM Provinsi NTB inisial MN. Penyidikan dugaan tindak pidana korupsi ini berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi NTB Nomor : Print-01/N.2/Fd.1/2023 tanggal 18 Januari 2023.

3. Kewenangan pemerintah pusat

Penyidik Kejati NTB Geledah Kantor ESDM NTB dan PT AMGPenggeledahan Kantor PT AMG (dok Kejati NTB)

Sebelumnya, Kepala Dinas ESDM NTB Zainal Abidin mengatakan bahwa pencabutan IUP mineral logam bukan menjadi kewenangan Pemprov NTB. Tetapi kewenangan terkait dengan IUP mineral logam sejak UU No. 3 Tahun 2020, menjadi kewengan pemerintah pusat.

Bupati Lombok Timur M. Sukiman Azmy atas kesepakatan masyarakat Pringgabaya, DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokipimda) sepakat meminta Gubernur NTB menghentikan kegiatan penambangan pasir besi di wilayah kecamatan Pringgabaya dengan mencabut dan membatalkan izin PT. AMG.

Kesepakatan tersebut menyusul kisruh penambangan pasir besi oleh PT. AMG yang dinilai meresahkan masyarakat. Perusahaan tersebut dinilai tidak hanya merusak lingkungan tetapi juga merusak infrastruktur jalan yang telah dibangun pemerintah. Kondisi tersebut tidak hanya merugikan masyarakat sekitar melainkan pula merugikan negara. Selain itu, tidak ada kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Lombok Timur.

Baca Juga: Melihat Harta Kekayaan Pejabat di NTB, Ada yang Tak Punya Rumah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya