Jabatan Bupati Lotim Berakhir, Sukiman Azmy Bidik Kursi Gubernur NTB

Partai Nasdem menyatakan siap jadi kendaraan politik Sukiman

Lombok Timur, IDN Times - Terhitung mulai hari ini, Selasa (26/9/2023), masa jabatan Bupati Lombok Timur (Lotim) Sukiman Azmy sudah resmi berakhir. Setelah selesai menahkodai Gumi Selaparang selama lima tahun, Sukiman kini membidik kursi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saya sudah pasti tidak menjadi calon DPR RI, karena tidak ada nama saya dalam daftar calon sementara. Tetapi saya siap mencalonkan diri menjadi Gubernur NTB," ungkap Sukiman usai menjalani sidang Paripurna terakhir di DPRD Lotim, Senin (26/9/2023).

1. Maju melalui jalur independen

Jabatan Bupati Lotim Berakhir, Sukiman Azmy Bidik Kursi Gubernur NTBBupati Lotim, Sukiman Azmy saat menyampaikan pidato dalam rapat paripurna DPRD Lotim(dok. Ruhaili)

Untuk suksesi pencalonannya menjadi Gubernur, Sukiman Azmy menegaskan akan maju melalui jalur independen. Hal ini mantap dilakukan jika tidak ada partai politik yang mengusung.

"Jika tidak ada partai politik yang mengusung, maka kita akan berkoalisi dengan rakyat, maju melalui jalur independen," ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi siapa yang akan menjadi pasangannya, Sukiman menegaskan masih menunggu hasil pemilihan presiden nanti. Tetapi tidak menutup kemungkinan masih tetap mempertahankan paket SUSU (Sukiman - Suhaili). Sedangkan rumor paket Zulkieflimansyah-Sukiman (Zaman), ia menyatakan masih melihat peluang tersebut. 

"Sampai saat ini paket SUSU masih segar dan masih enak untuk dinikmati, paket Zaman kita lihat nanti," imbuhnya.

Baca Juga: Pj Bupati Lotim Juani Taofik Wujudkan Mal Pelayanan Publik

2. Nasdem siap usung Sukiman Azmy jadi Gubernur

Jabatan Bupati Lotim Berakhir, Sukiman Azmy Bidik Kursi Gubernur NTBKetua DPD NTB partai Nasdem, Rumaksi Sj (dok. Ruhaili)

Rencana Sukiman Azmy ingin maju mencalonkan diri menjadi Gubernur NTB disambut baik oleh ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NTB partai Nasdem, Rumaksi Sjamsuddin. Ia menegaskan Partai Nasdem siap memberikan dukungan untuk mengusung Sukiman memperebutkan kursi NTB 1. Hal itu diungkapkan Rumaksi menanggapi keinginan rencana Sukiman maju melalui jalur independen.

"Saya ini ketua DPD NTB Partai Nasdem, kita yang menentukan siapa yang akan diusung jadi calon gubernur, saya tegaskan Nasdem mengusung Sukiman jadi calon Gubernur. Kita punya kendaraan politik, tapi itu pun kalau beliau berkenan," ujar Rumaksi.

3. Berikan dukungan tanpa syarat

Jabatan Bupati Lotim Berakhir, Sukiman Azmy Bidik Kursi Gubernur NTBIlustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Meskipun sudah menegaskan mendukung dan mengusung Sukiman Azmy, Rumaksi mengatakan dukungan yang diberikan Nasdem tanpa syarat. Sehingga menyerahkan semuanya kepada Sukiman untuk memilih pasangan sendiri. Rumaksi pun tidak mengharapkan imbal balik dukungan dari Sukiman, terkait pencalonan dirinya sebagai Bupati Lotim. 

"Saya tegaskan tetap akan mencalonkan diri jadi Bupati Lotim, tetapi saya tidak mengharapkan imbal balik dukungan dari Pak Sukiman," tutupnya.

Baca Juga: NTB Berhasil Meloloskan 29 Cabor di PON Aceh - Sumut 2024

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya