NTB Berhasil Meloloskan 29 Cabor di PON Aceh - Sumut 2024

Cabor lolos PON masih berpeluang bertambah

Mataram, IDN Times - Sebanyak 29 cabang olahraga (cabor) di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah berhasil lolos ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumut 2024 mendatang. Puluhan cabor berhasil lolos PON Aceh - Sumut 2024, setelah berhasil pada babak kualifikasi atau Pra-PON yang sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu.

Sejumlah Pengprov Cabor NTB menurunkan atletnya untuk merebut tiket multievent olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia tersebut.

"Hingga saat ini, NTB sudah meloloskan 29 cabor," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB Mori Hanafi di Mataram, Senin (25/9/2023).

1. Rincian cabor yang lolos PON Aceh - Sumut 2024

NTB Berhasil Meloloskan 29 Cabor di PON Aceh - Sumut 2024Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mori menyebutkan cabor-cabor yang sudah lolos PON Aceh - Sumut 2924. Cabor itu antara lain Atletik, Menembak, Gateball, Petanque, Bermotor, Hapkido, Hoki, Tinju, Kurash, Bridge, Catur, Selam, Tenis Meja dan Bulutangkis. Ada pula Kempo, Sepatu Roda, Muaythai, Karate, Soft Tennis, Balap Sepeda, Tenis Lapangan, Triathlon, Dance Sport, Pencak Silat, Esport, Berkuda, Akuatik, Anggar dan Selancar Ombak.

Selain itu, ada empat cabor yang juga turun di Pra-PON atau babak kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024, tetapi belum berhasil meloloskan atlet. Keempatnya yakni Golf, Squash, Aerosport, dan Drumband.

Menurut Mori, peluang menambah cabor ke PON 2024 masih terbuka. Karena ada 16 cabor yang belum menjalani Pra-PON atau kualifikasi PON. Seperti Panjat Tebing, Tarung Derajat, Taekwondo, Panahan, Senam, Basket, Voli Pantai, Sepakbola dan Futsal, Biliar, Gulat, Kabaddi, Sambo, Kickboxing, Sepak Takraw, Wushu, dan Arung Jeram.

"Termasuk cabor yang sudah meloloskan atlet, masih berpeluang meloloskan atlet karena masih menyisakan event Pra-PON. Seperti Atletik, Tinju, Akuatik, dan Menembak," ucap Mori.

Baca Juga: Modal Jejaring, Caleg Muda di Lombok 'Door To Door' Sapa Warga

2. Lampaui jumlah cabor yang diturunkan pada PON Papua

NTB Berhasil Meloloskan 29 Cabor di PON Aceh - Sumut 2024Papua berhasil meraih emas di cabang olahraga sepak bola putra PON XX usai menundukkan Aceh dengan skor 2-0, Kamis (14/10/2021). (IDN Times/Tata Firza).

Mantan Wakil Ketua DPRD NTB ini menyebutkan jumlah cabor yang lolos ke PON Aceh-Sumut 2024 hingga saat ini sudah melampaui jumlah cabor yang diturunkan pada PON Papua. Saat itu, NTB meloloskan 19 cabor.

Ia mengatakan jumlah atlet yang sudah lolos ke PON Aceh-Sumut 2024 dari 29 cabor tersebut sebanyak 162 atlet putra dan putri. Karena masih ada peluang sejumlah cabor lolos PON Aceh - Sumut 2024, jumlah atlet diperkirakan di atas 200 orang.

"Masih ada 16 cabor yang belum mengikuti pra PON seperti panjat tebing, tarung derajat, taekwondo, voli pantai. Itu sudah langganan lolos. Sehingga kami perkirakan jumlah atlet sampai 200 orang," ungkap Mori.

2. Butuh dana dua kali lipat

NTB Berhasil Meloloskan 29 Cabor di PON Aceh - Sumut 2024Jajaran pengurus KONI NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Karena jumlah cabor yang lolos PON Aceh - Sumut 2024 melampaui yang diturunkan pada PON Papua, Mori menyatakan jumlah atlet yang dikirim juga akan mencapai dua kali lipat. Sehingga anggaran yang dibutuhkan untuk persiapan PON Aceh - Sumut juga dua kali lipat dari PON Papua.

Pada saat PON Papua, NTB menghabiskan anggaran sekitar Rp18 miliar. Maka pada PON Aceh - Sumut 2024, KONI NTB membutuhkan anggaran dua kali lipat atau sekitar Rp36 miliar. KONI NTB akan mulai melakukan Pelatda pada Januari 2024 mendatang. NTB menargetkan pada PON Aceh - Sumut 2024 sebanyak 20 medali emas.

Baca Juga: Diangkut dari Spanyol, 3 Kontainer Logistik MotoGP 2023 Tiba di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya