Pj Bupati Lotim Juani Taofik Wujudkan Mal Pelayanan Publik

Mudahkan akses pelayanan pemerintahan kepada masyarakat

Lombok Timur, IDN Times - Sekretaris Daerah Lombok Timur M Juaini Taofik terpilih menjadi Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia pun sudah mengetahui soal penunjukan namanya sebagai Pj Bupati Lotim.

“Amanah dan kepercayaan atas tugas ini Insya Allah akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, terima kasih atas dukungan semua pihak,” kata Taofik melalui pesan singkat. 

Juaini Taofik akan dilantik pada Selasa, 26 September 2023 di Hotel Lombok Raya Mataram, bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah Lotim Sukiman Azmy-Rumaksi.

1. Siap wujudkan mal pelayanan publik (MPP)

Pj Bupati Lotim Juani Taofik Wujudkan Mal Pelayanan PublikSekda Lotim, Juaini Taofik bersama pimpinan DPRD Lotim, saat akan memasuki ruang sidang DPRD Lotim (dok. Ruhaili)

Sebelumnya usai sidang Paripurna DPRD Lotim, Juaini Taofik mengatakan, salah satu rencana yang akan diwujudkan yaitu lahirnya mal pelayanan publik (MPP) di Gumi Selaparang. Karena menurutnya, MPP dirasa sangat penting dalam upaya memudahkan akses pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Selain itu pembangunan MPP ini merupakan mandat Peraturan Presiden Nomor 89 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan MPP.

"MPP merupakan salah satu program yang selama ini menjadi harapan Bupati dan Wakil Lotim untuk diwujudkan, memang sudah ada pelayanan satu pintu, tapi ada pelayanan lain yang masih di luar seperti, Samsat, BPJS, imigrasi, SIM, dan pelayanan lainnya yang masih saling berjauhan,” jelas Taufik.

Baca Juga: Ratusan Perempuan di Lombok Timur Menderita Kanker Payudara

2. Siapkan Kantor Camat Selong sebagai Lokasi

Pj Bupati Lotim Juani Taofik Wujudkan Mal Pelayanan PublikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam mewujudkan MPP ini, Juani Taufik telah merancang lokasi strategis untuk membangun tempat pelayanan terpusat tersebut. Lokasi yang dipilih yaitu Kantor Camat Selong yang posisinya saat ini berdekatan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sementara Kantor Camat Selong akan dipindahkan ke Kantor Samsat. 

"Selama ini masyarakat harus bolak-balik dari satu titik ke titik lainnya yang cukup berjarak dalam mengurus kebutuhannya. Jika MPP ini bisa terwujud betapa akan dimudahkannya masyarakat jika seluruh pusat layanan seperti Samsat, BPJS, imigrasi, dan pelayanan lainnya berada di satu tempat," terangnya.

3. Terpilih jadi PJ setelah diusulkan DPRD Lotim

Pj Bupati Lotim Juani Taofik Wujudkan Mal Pelayanan PublikAnggota DPRD Lombok Timur saat mengikuti sidang Paripurna (dok. Ruhaili)

Seperti diketahui, Juani Taofik terpilih menjadi Penjabat Bupati Lotim, setelah diusulkan oleh DPRD Lotim bersama dengan Fathul Gani, dan Akhsanul Khaliq. Ia diusung oleh 11 Fraksi DPRD Lotim dengan perincian 10 fraksi mengusulkan menjadi nomor urut satu dan satu fraksi nomor urut 2. 

Sementara itu, namanya tidak diusulkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Gubernur mengusulkan tiga nama yaitu, Ahsanul Khaliq, Fathul Gani, dan Iswandi.

Baca Juga: Menteri Pertanian Dorong Warga Lombok Timur untuk Bertani

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya