Pemkot akan Gelar Lomba Selakaran untuk Menyambut HUT Mataram

Akan diikuti 50 keluarahan yang ada di Kota Mataram

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar lomba tradisi selakaran (bacaan syair barzanji yang dilantunkan dengan suara keras) dan zikir bersama menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Kota Mataram pada 31 Agustus 2023. Ketua panitia, Jemmy Nelwan mengatakan lomba selakaran ini dimaksudkan sebagai bagian dari visi religi di Kota Mataram.

"Selain itu, sebagai upaya menjaga tradisi budaya religi sekaligus memperkokoh tali silaturahim antar-umat beragama," katanya seperti diberitakan Antara pada Selasa (1/8/2023).

1. Menonjolkan keberagaman

Pemkot akan Gelar Lomba Selakaran untuk Menyambut HUT MataramMonumen tembolak pelangi Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hal itu sesuai dengan tema HUT ke-30 Kota Mataram, yakni indahnya keberagaman di Kota Mataram. Tema ini dipilih karena banyaknya suku, agama, dan ras yang ada di Mataram.

"Kendati dengan latar belakang berbeda, mereka tetap hidup rukun dan saling menghargai satu sama lainnya," katanya.

Jemmy yang juga Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram itu mengatakan kegiatan selakaran diikuti oleh 50 kelurahan se-Kota Mataram

Baca Juga: 112 Ribu Gen Z di NTB Terancam Kehilangan Hak Pilih di Pemilu 2024 

2. 50 kelurahan akan bertanding

Pemkot akan Gelar Lomba Selakaran untuk Menyambut HUT MataramIlustrasi jam malam. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sebanyak 50 kelurahan akan bertanding atau sebagai tahap seleksi tingkat kecamatan dan pemenang masing-masing dari enam kecamatan yang akan berlomba tingkat Kota Mataram.

"Untuk jadwal lomba atau seleksi kelurahan, kami serahkan ke pihak kecamatan," katanya.

Selain lomba selakaran, tambahnya, dalam rangka menyambut HUT Kota Mataram juga akan digelar lomba bintang religi serta pameran pembangunan dan UMKM.

3. Didukung oleh semua OPD

Pemkot akan Gelar Lomba Selakaran untuk Menyambut HUT MataramDok. Humas Pemkot Mataram

Berbagai lomba dan kegiatan yang digelar didukung oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Mataram serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Semoga pelaksanaan berjalan sukses dan memberikan dampak ekonomi secara langsung terutama bagi pelaku UMKM dan lainnya," katanya.

Baca Juga: 69 Desa/Kelurahan di NTB Berstatus Bahaya dan Waspada Narkoba 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya