Zohri Diturunkan di Porprov NTB, KLU Panen Emas di Cabor Atletik  

Zohri sempat tidak akan bela KLU

Mataram, IDN Times - Pelari andalan Indonesia asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Muhammad Zohri, akhirnya diturunkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB 2023. Sebelumnya, Zohri sempat dikabarkan tidak akan tampil di Porprov NTB 2023 membela Kabupaten Lombok Utara (KLU) karena persoalan izin di PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) KLU bersurat ke PB PASI. PB PASI tidak sepenuhnya melarang Zohri tampil di Porprov NTB, tetapi menyerahkan keputusannya kepada pelatih Zohri. Saat ini, Zohri telah menyumbang satu medali emas di nomor 200 meter putra pada ajang Porprov NTB 2023.

1. KLU turunkan tiga pelari nasional di Porprov NTB 2023

Zohri Diturunkan di Porprov NTB, KLU Panen Emas di Cabor Atletik  Pertandingan cabor atletik Porprov NTB 2023. (dok. KONI NTB)

Ketua KONI KLU, Burhan M. Nur menyebutkan ada tiga pelari nasional asal Lombok Utara yang diturunkan di Porprov NTB 2023. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri, Sudirman Hadi dan Mirawan.

"Iya, Zohri diturunkan. Sudah langsung meraih medali emas. Zohri turun di nomor 200 meter putra pada hari Rabu lalu. Dia meraih medali emas," kata Burhan dikonfirmasi IDN Times, Jumat (24/2/2023) pagi.

Selain Zohri, Sudirman Hadi juga menyumbang medali emas untuk kontingan KLU dari cabor atletik pada nomor 100 meter putra. Kemudian Mirawan yang turun di nomor 400 meter putra, juga meraih medali emas untuk KLU. "Sementara cabor atletik baru meraih 3 medali emas," sebut Burhan.

Baca Juga: Protes Kecurangan, Mataram Akhirnya Raih Emas Cabor Drumband  

2. Zohri akan turun lagi di dua nomor cabor atletik

Zohri Diturunkan di Porprov NTB, KLU Panen Emas di Cabor Atletik  Sprinter Indonesia nomor 100 meter putra, Lalu Muhammad Zohri. (tampere2018.com).

Burhan menambahkan, Zohri juga akan kembali turun di nomor estafet 4x100 meter putra dan nomor 4x400 meter putra. Ia bersama Sudirman Hadi, Mirawan dan Agus akan turun di nomor tersebut.

Sehingga dalam Porprov NTB 2023, Zohri turun di tiga nomor cabor atletik. KONI KLU optimis dapat meraih 5 medali emas dari cabor atletik. "Kalau 5 medali emas mungkin, karena tinggal 2 pertandingan lagi," ucapnya.

3. Target KLU tidak muluk-muluk di Porprov NTB 2023

Zohri Diturunkan di Porprov NTB, KLU Panen Emas di Cabor Atletik  Pertandingan cabor atletik Porprov NTB 2023. (dok. KONI NTB)

Pada Porprov NTB 2023, KLU tidak punya target yang muluk-muluk. KLU hanya menargetkan perolehan medali emas minimal sama dengan Porprov NTB 2018. Dimana, pada saat itu, KLU meraih 9 medali emas. Dalam Porprov NTB 2023, perolehan medali sementara, KLU telah meraih 8 emas. Dengan turunnya Zohri dannkawan-kawan, Burhan optimis, KLU bisa meraih 10 medali emas.

"Kalau dua emas dari cabor atletik ini bisa tembus, maka kita akan memperoleh 10 medali emas. Maka perolehan medali lebih dari tahun 2018. Ini dalam kondisi sarana dan prasarana kita tidak ada," tuturnya.

Pascagempa bumi 2019 lalu, sarana dan prasarana olahraga di KLU banyak yang hancur. Sehingga, atlet KLU berlatih di luar daerah, seperti ke Kota Mataram. " Tetapi dengan sarana prasarana yang terbatas, minimal kami dapat melampaui target," tandas Burhan.

Baca Juga: Ribut Soal Aset Gili Trawangan, Gubernur Sebut Ada 'Mafia' Lokal 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya