Wisata Balon Udara Hadir di Sembalun Lombok Timur, Tiket Rp400 Ribu 

Destinasi wisata baru di Lombok seperti di Turki

Mataram, IDN Times - Destinasi wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin komplet dengan hadirnya wahana balon udara di Sembalun, Lombok Timur. Wisatawan tidak perlu datang jauh-jauh ke Cappadocia Turki untuk menikmati sensasi naik balon udara.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi mengatakan investor yang mengembangkan wisata balon udara di Sembalun berasal dari Bandung Jawa Barat. Mereka telah mengantongi izin terbang dan sertifikat dari Kementerian Perhubungan.

"Itu pengusahanya dari Bandung dan izin-izin terbang sudah saya lihat. Sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan itu gak main-main. Karena itu nanti menerbangkan balon udara dengan membawa orang," kata Jamaluddin di Mataram, Rabu (3/5/2023).

1. Harga tiket Rp400 ribu

Wisata Balon Udara Hadir di Sembalun Lombok Timur, Tiket Rp400 Ribu ilustrasi menggunakan lebih dari satu perangkat (pexels.com/Anna Shvets)

Jamaluddin menyebutkan untuk dapat menikmati sensasi naik balon udara, harga tiketnya Rp400 ribu per orang dengan waktu terbang sekitar 25 menit. Dibandingkan Turki, harga tiket menikmati terbang menggunakan balon udara di Sembalun cukup murah. Karena di Turki, harga tiketnya mencapai jutaan rupiah.

"Kehadiran wisata balon udara ini sangat positif bagi sektor pariwisata NTB. Di Sembalun sudah mulai, cuma sekarang karena angin kencang atau begitu cuaca buruk, gak terbang," kata Jamaluddin.

Selain Sembalun, investor sebenarnya sudah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menghadirkan wisata balon udara di Sirkuit Mandalika. Namun, kata Jamaluddin, pihaknya belum mengetahui kelanjutannya.

"Tapi menurut pengusaha tetap ada di Mandalika juga. Karena setiap hari banyak wisatawan datang ke sana. Dan ini, tidak semua daerah ada wisata balon udara," ucapnya.

Baca Juga: Investor Tertarik Kembangkan Wisata Balon Udara di Kota Mataram 

2. Harga balon udara mencapai Rp750 juta sampai Rp1 miliar

Wisata Balon Udara Hadir di Sembalun Lombok Timur, Tiket Rp400 Ribu ilustrasi balon udara (pixabay.com/Alexman89)

Jamaluddin mengungkapkan harga satu balon udara yang saat ini ada di Sembalun mencapai Rp750 juta sampai Rp1 miliar. Untuk balon udara yang penumpangnya belasan orang, harganya mencapai Rp1 miliar.

"Menurut saya sangat positif kehadiran wisata balon udara ini. Daripada kita jauh-jauh ke Turki. Ini perlu kita jaga, lanjutkan usaha mereka ini," katanya.

3. Gunung Rinjani menjadi daya tarik wisatawan mancanegara

Wisata Balon Udara Hadir di Sembalun Lombok Timur, Tiket Rp400 Ribu Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial dan Kemasyarakatan ini menambahkan Gunung Rinjani menjadi daya tarik wisatawan mancanegara seperti Malaysia dan Singapura. Saat libur lebaran pekan lalu, ia sempat menginap di Sembalun.

Di sana, ia bertemu banyak wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang akan mendaki Gunung Rinjani. Banyaknya wisatawan Malaysia dan Singapura ke Lombok karena adanya penerbangan langsung dari dua negara tersebut. Apalagi, kata Jamaluddin, Lombok masuk 5 besar destinasi wisata alam terbaik di dunia versi Travellers’ Choice 2023.

Baca Juga: PUTRI NTB Sertifikasi 150 Pemandu Wisata Jelang MXGP Indonesia 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya